Bagikan:

JAKARTA - Dua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) bakal mendaftarkan diri sebagai kontestan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta di KPU DKI, hari ini, Rabu 28 Agustus. Terkait hal itu, sebanyak 1.291 personel gabungan dikerahkan dalam skema pengamanan.

Pasangan cagub dan cawagub yang akan mendaftar yakni Pramono Anung-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono.

"Pelibatan personel pengamanan sebanyak 1.291 personel gabungan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada VOI, Rabu, 28 Agustus

Ribuan personel yang dikerahkan itu dengan rincian 1.045 dari Satgasda; 146 personel daei Satgasres, dan 100 personel merupakan BKO TNI, Mabes Polri serta Pemerintah Daerah (Pemda).

Pengerahan ribuan personel itupun disebut sebagai langkah pengamanan adanya aksi unjuk rasa di depan Kantor KPU Jakarta.

Masyarakat yang akan terlibat aksi unjuk rasa diminta tetap mengikuti aturan yang berlaku. Sehingga, kegiatan penyampaian pendapat tersebut berjalan aman dan damai.

"Silakan sampaikan aspirasi secara sejuk dan damai, tidak ada ujaran kebencian dan provokatif yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas," sebutnya.

Sementara mengenai rekayasa arus lalu lintas, Ade menyebut bersifat situasional. Artinya, akan diterapkan jika terjadi eskalasi massa akssi.

"Apabila jumlah masa dan eskalasi meningkat maka diadakan penutupan jalan, apabila sebaliknya lalu lintas normal seperti biasa," kata Ade.