Bagikan:

JAKARTA - Setelah mengadakan rapat dengan Presiden Joko Widodo mengenai wabah cacar monyet atau mpox, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan pemerintah kini memperketat pengawasan terhadap perjalanan internasional.

"Indonesia akan meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, untuk mencegah masuknya penyakit cacar monyet atau mpox ke tanah air. Kami sudah mengadakan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pagi ini dan memutuskan untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Sandiaga Uno, Selasa kemarin.

Peningkatan pengawasan tersebut mencakup pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan fisik, dan pengisian kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC).

"Pengecekan suhu dan fisik di bandara dilakukan karena penyakit mpox dapat terdeteksi melalui suhu tubuh yang tinggi dan gejala fisik, maka dari itu kita laksanakan langkah-langkah ini," tambahnya.

Sandiaga menyatakan aplikasi e-HAC yang diterapkan selama pandemi covid-19 akan kembali digunakan. Hal ini penting terutama menjelang Forum Indonesia-Afrika (IAF) ke-2 yang akan diselenggarakan di Bali pada 1-3 September 2024.

Meskipun pengawasan diperketat, pemerintah menegaskan bahwa saat ini belum ada larangan atau pembatasan perjalanan internasional.

"Tidak ada larangan atau pembatasan perjalanan internasional yang kami lakukan adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit mpox," tutupnya.