Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi pengusungan kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur di 13 provinsi.

Beberapa di antaranya yakni mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi untuk kembali maju dalam Pilkada Sumatera Utara, hingga mantan Wali Kota Makassar Ramadhan (Danny) Pomanto dan Azhar Arsyad dalam Pilkada Sulawesi Selatan.

Nama-nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diberikan SK pengusungan dibacakan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Selain itu, terdapat juga 292 bakal calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota yang diberikan SK.

"Jumlah total pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang telah diputuskan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan diumumkan pada hari ini berasal dari 305 daerah. Tingkat provinsi sebanyak 13 provinsi," ungkap Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus.

Setelah pembacaan, perwakilan calon kepala daerah yang diusung menerima penyerahan SK secara langsung dari Megawati.

Diketahui, penyerahan rekomendasi pada 305 calon kepala daerah dari PDIP diumumkan pada gelombang pertama dari tiga gelombang yang akan dilakukan DPP PDIP dalam jelang pendaftaran Pilkada 2024.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi pengusungan kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur di 13 provinsi/FOTO: Diah Ayu-VOI

Berikut adalah calon gubernur-wakil gubernur pada 13 provinsi yang diberikan SK pegusungan dari PDIP:

1. Aceh: Muzakir Manaf

2. Sumatera Utara: Edy Rahmayadi

3. Riau: Abdul Wahid dan SF Erianto

4. Bengkulu: Helmi Hasan dan Mian

5. Nusa Tenggara Barat: Rahmi dan Musyafirin

6. Sulawesi Utara: Steven Kandouw

7. Kalimantan Tengah: Nadalsyah dan Sigit Yunianto

8. Kalimantan Timur: Isran Noor dan Hadi Mulyadi

9. Sulawesi Selatan: Ramadhan Pomanto dan Azhar Arsyad

10. Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas dan La Ode Ida

11. Papua Barat Daya: Joppye Onesimus dan Ibrahim Wugaje

12. Sulawesi Tengah: Rusdy Mastura dan Agusto

13. Maluku: Jeffry Apoly Rahawarin dan Abdul Mukti Keliobas