Silsilah KH Ma'ruf Amin dari Keturunan Prabu Siliwangi hingga Rasulullah
KH Ma'ruf Amin (Foto- setneg.go.id)

Bagikan:

JAKARTA – Siapa KH Ma'ruf Amin masih menarik diperbincangkan. Apalagi dengan posisinya yang kini menjadi Wakil Presiden.

Di tahun 2019 lalu ketika berkampanye, KH Ma'ruf Amin menyinggung-nyinggung dirinya adalah keturunan seorang raja besar di Sunda. Apakah hal tersebut fakta atau guna kepentingan politik semata?

Melalui artikel ini, Tim VOI melakukan penelusuran dari berbagai jejak digital mengenai silsilah KH Ma’ruf amin. Pertama, kaitannya dengan Prabu Siliwangi dan kedua dengan Nabi Muhammad.

Apa Benar KH Ma'ruf Amin Keturunan Prabu Siliwangi?

Lukisan Prabu Siliwangi (Sumber- Wikimedia Commons)

Dalam kampanye politiknya, tepatnya di Garut, Jawa Barat pada tanggal 4 April 2019 lalu, di hadapan para pendukungnya, Ma'ruf Amin menyebut jika dirinya keturunan Prabu Siliwangi.

"Saya memiliki darah Sunda dari Sumedang. Kalau diurutkan silsilahnya dari Prabu Siliwangi. Berarti saya mewakili orang Sunda," papar Ma'ruf Amin kala itu.

Pernyataan Ma’ruf Amin tersebut memang memiliki maksud lain, yaitu agar para simpatisannya semakin yakin dan memilihnya dalam pertarungan politik. Namun soal garis keturunan, tampaknya Ma’ruf Amin tidak main-main.

Ma’ruf Amin Disebut Keturunan Raja Sumedang

Dilansir dari laman resmi RRI, sesepuh Rukun Wargi Sumedang (RWS) dan Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) menyebut jika Ma’ruf Amin adalah seorang keturunan Raja Sumedang dari Prabu Geusan Ulun.

Pernyataan tersebut, diungkapkan Komjen Pol Mochamad Iriawan yang merupakan sesepuh dua yayasan trah Raja Sumedang RWS dan YPS.

Ma’ruf Amin diketahui merupakan keturunan ke 14 dari Prabu Geusan Ulun. Penobatan tersebut baru dilakukan di tahun 2019 lalu oleh keluarga besar RWS.

Siapakah Prabu Geusan Ulun?

Prabu Geusan Ulun atau yang dikenal sebagai Pangeran Angkawijaya merupakan penerulus Kerajaan Sumedang Larang yang dikenal sebagai salah satu kerajaan Islam di Jawa Barat.

Prabu Geusan Ulun adalah putra tertua dari Pangeran Kusumahdinata I atau Pangeran Santri.

Pada awal kekuasaannya, Prabu Geusan Ulun adalah raja daerah atau mandala Kerajaan Sumedang Larang. Selain itu, dirinya juga mendapat gelar jabatan Nalendra dari Kerajaan Pakuan Pajajaran.

Prabu Geusan Ulun memiliki peran seperti Bupati di masa sekarang, meskipun pada masa itu belum ada istilah tersebut. Dirinya memerintah mulai dari tahun 1578 hingga tahun 1610.

Garis Keturunan Ma’ruf Amin dari Prabu Siliwangi

Garis keturunan dari Prabu Siliwangi, didapatkan dari Ma’rif Amin dari Prabu Geusan Ulun. Sunan Corenda adalah kakek dari Prabu Geusan Ulun, yang merupakan cucu dari Prabu Siliwangi. Ayah Sunan Corenda adalah Sunan Parung.

Nyi Mas Ratu Putuakan yang merupakan keturunan dari pendiri kerajaan Sumedang kemudian menikah dengan Sunan Corenda.

Hasil pernikahan tersebut melahirkan penerus yang bernama Nyi Mas Ratu Inten,  yang ketika menjadi ratu bergelar Ratu Pucuk Umun.

Ratu Pucuk Umun adalah ibu dari Prabu Geusan Ulun, sedangkan ayahnya bernama Pangeran Santri atau Pengeran Soleh yang merupakan keturunan Pangeran Muhammad (cucu dari Syekh Maulana Abdurahman dan cicit dari Syekh Datuk Kahfi).

Garis Keturunan Ma’ruf Amin dari Nabi Muhammad SAW

Ma’ruf Amin memperoleh keturunan dari Nabu Muhammad yang diperolehnya meruntut dari Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Perlu diketahui, Sunan Gunung Jati merupakan keturunan dari Prabu Siliwangi yang berasal dari ibunya Syarifah Mudaim atau Rara Santang. Ibu dari Rara Santang adalah Nyimas Subang Larang yang merupakan istri dari Prabu Siliwangi.

Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Yogyakarta, melalui unggahannya di Facebook mengungkapkan garis keturunan Ma’ruf Amin yang diruntut dari Sunan Gunung Jati hingga Nabi Muhammad SAW.

Sunan Gunung Jati (Sumber- Wikimedia)

Garis Keturunan Sunan Gunung Jati dari Ibu Ma’ruf Amin

KH Ma’ruf Amin bin Nyi Hajjah Maemunah bin Syekh Muhammad Ramli Cideng Kresek bin Nyi Marsati bin Haji Abdullah bin Syekh Abdullah (Saudara Syekh Nawawi al-Bantani) bin Syekh Umar bin Syekh Arobi bin Syekh Ali bin Syekh Jamad bin Syekh Janta bin Syekh Masbuqil bin Syekh Maskun bin Syekh Masnun bin Syekh Maswi bin Syekh Tajul ‘Arsyi al-Bantani (Pangeran Sunyararas) bin Sultan Maulana Hasanuddin bin Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Garis Keturunan Sunan Gunung Jati dari Ayah Ma’ruf Amin

KH Ma’ruf Amin bin Syekh Mohammad Amin Koper bin Ki Abdullah bin Nyi Kati/Ki Abdurrahman bin Nyi Ratu Kanisah bin Syekh Alim bin Syekh Abdullah bin Syekh Ibrohim bin Syekh Hasan Bashri Cakung bin Raden Rahmat bin Pangeran Arya Banten bin Sultan Abdul Mufakhkhir bin Sultan Maulana Muhammad Nashruddin bin Sultan Maulana Yusuf bin Sultan Maulana Hasanuddin bin Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Garis Keturunan Sunan Gunung Jati hingga Nabi Muhammad SAW

Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) bin Syekh Abdillah ‘Umdatuddin bin ‘Ali Nurul Alam bin Jalaluddin Akbar al-Husaini bin Ahmad Jalaluddin bin Abdullah Azmatkhan bin Abdul Malik India bin Alwi Amir Faqih Mesir bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad bin Ali Al-Gazam bin Ubaidillah bin Ahmad al-Muhajir bin Isa al-Bakir bin Idris Muhammad al-Naqib bin Qasim al-Kamil al-‘Uraidli bin Ja’far Shadiq Persia bin Muhammad al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Imam Husein bin Sayyidah Fathimah bin Nabi Muhammad Saw.

Selain silsilah KH Ma'ruf Amin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!