Bagikan:

JAKARTA - Penerbangan carteran yang membawa 123 warga Malaysia yang dievakuasi dari kerusuhan di Bangladesh tiba di Kuala Lumpur.

Penerbangan yang mengangkut 80 pelajar di antara penumpangnya, tiba dengan selamat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, kata Menteri Dalam Negeri Saifuddin Nasution Ismail pada konferensi pers dilansir Reuters, Selasa, 23 Juli.

“Kami bersyukur atas kepulangan warga Malaysia kami dengan selamat,” ujarnya.

Beberapa warga Malaysia memilih untuk tetap tinggal di Bangladesh karena mereka masih menjalani tahun terakhir studi atau bekerja di sana, kata Saifuddin, tanpa memberikan rincian.

Cassandra David, seorang warga Malaysia yang belajar di Dhaka Medical College, berterima kasih kepada pemerintah atas upayanya.

“Kondisi kami sangat diperhatikan,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, protes yang dipimpin mahasiswa terhadap kuota pekerjaan pemerintah di Bangladesh berubah menjadi kekerasan pekan lalu, yang menewaskan 147 orang.

Pengadilan tinggi Bangladesh kemudian setuju untuk menghapus sebagian besar kuota menyusul bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan yang mendorong pemerintah menutup layanan internet, memberlakukan jam malam dan mengerahkan tentara.