Bagikan:

BOGOR - Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (HAE) IPB University, melakukan kegiatan Bogor Go Green untuk melestarikan kawasan Situ Gede, Sabtu pekan lalu. Turut hadir dalam acara tersebut PJ Wali Kota Bogor, Hery Antasari dan Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto.

Dalam kegiatan tersebut, para alumni dan tamu undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Camat Bogor Barat, para Lurah se Kecamatan Bogor Barat, dan Pokdarwis turut membersihkan kawasan Situ Gede sekaligus menanam pohon sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

Atang yang juga alumni Fakultas Kehutanan IPB University, berterima kasih kepada HA Fahutan IPB atas kegiatan yang nyata dan konstruktif bagi lingkungan, khususnya di wilayah Kota Bogor.

“Sebagai alumni saya berkewajiban mensukseskan kegiatan Bogor Go Green. Terima kasih untuk HA Fahutan IPB yang sudah menjadi inisiator. InsyaAllah bagian dari ikhtiar untuk membawa Bogor hijau tanpa sampah,” kata Atang.

Lebih lanjut, Atang juga menyampaikan bahwa penanganan sampah di Kota Bogor perlu diintervensi dengan anggaran yang memadai. Sebab, dalam menangani sampah dan menjaga kelestarian lingkungan perlu road map yang berkelanjutan.

"Intinya adalah kita akan mendorong Pemkot agar bagaimana sampah ini selesai di tingkat lokal dulu. Jadi pengelolaan sampahnya bisa jadi barang yang produktif, baru sisanya yang memang sudah tidak dapat diolah, itu yang akan kita bawa ke TPA. Tidak semua sampah akhirnya dibawa ke TPA semua," jelas Atang.

Di lokasi yang sama, Ketua HAE IPB Bambang Hendroyono, mengatakan kegiatan ini merupakan komitmen bersama para alumni di HAE IPB dalam kepedulian lingkungan.

Bambang menyebut, Bogor Go Green tahun ini bertemakan ‘Hijau Tanpa Sampah’ dengan berbagai kegiatan aksi nyata seperti menanam pohon, menyebar bibit ikan nila, bersih-bersih sekitar danau, dan memberikan bantuan usaha wisata produktif untuk Pokdarwis Situgede.

“Komitmen kita semua dengan Bogor Go Green ke-8 kita kedepankan kolaborasi untuk aksi-aksi nyata peduli lingkungan dan kita namakan hari ini ada aksi bersih-bersih, tanam pohon,” pungkasnya.