Bagikan:

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia menilai Polri mesti terus meningkatkan kinerjanya, khususnya saat melayani masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Harian Kompolnas Benny J Mamoto terkait HUT Bhayangkara ke-78 untuk Polri yang jatuh pada Senin 1 Juli 2024

"Polri harus merespon cepat, proaktif, transparansi yang dibangun dengan komunikasi publik yang baik," ujar Benny dalam keterangannya, Senin, 1 Juli.

Terlebih, tantangan yang dihadapi oleh Polri ke depan semakin berat di era transparansi. Sebab, masyarakat jika mau mengadu dan protes ke media sosial dan langsung protes.

"Berbeda dengan jaman saya dulu belum ada medsos. Nah sekarang di era transparansi orang komplain, protes di dunia maya yang diviralkan sehingga ini mempengaruhi citra Polri," imbuhnya.

Kendati demikian, Polri dianggap sudah cukup berhasil menjalankan tugasnya sebagai pelindung hingga mengayomi masyarakat. Meski, tak dipungkiri masih ada pekerjaan rumah atau PR yang mesti diselesaikan

"Kami dari Kompolnas menyampaikan selamat hari bhayangkara ke-78 tahun 2024, semoga Polri kedepan semakin profesional dan mandiri, Polri semakin dicintai masyarakat, berhasil hadir di tengah-tengah masyarakat membuat suasana aman, tentram dan damai," ucap.

Benny pun membeberkan sejumlah prestasi yang ditoreh oleh Polri, seperti pengamanan sejumlah even internasional baik itu di bidang olahraga, pariwisata dan konferensi tingkat tinggi.

Selain itu, dalam penyelenggaraan mudik pada dua tahun belakangan ini setelah dunia diguncang pandemi COVID-19. Bahkan kata pensiunan polisi berpangkat Irjen ini juga menyebut dunia internasional mengakui Polri berhasil mengatasi terorisme.

"Dimana negara lain masih ada terangan teror seperti di Johor, Malaysia," kata Benny.