Bagikan:

JAKARTA - Pimpinan Partai Komunis Tiongkok (CPC) pada Hari Kamis memutuskan untuk memecat mantan menteri pertahanan Li Shangfu, karena pelanggaran serius terhadap disiplin Partai dan hukum.

Li, yang sebelumnya juga menjabat sebagai anggota Komisi Militer Pusat (CMC) dan anggota dewan negara, dicabut kualifikasinya sebagai delegasi Kongres Nasional CPC ke-20, menurut rapat Biro Politik Komite Sentral CPC.

Badan disiplin dan pengawasan CMC meluncurkan penyelidikan terhadap Li pada 31 Agustus 2023.

"Menurut hasil penyelidikan, Li secara serius melanggar disiplin politik dan organisasi. Ia mencari keuntungan yang tidak pantas dalam pengaturan personel untuk dirinya sendiri dan orang lain, memanfaatkan jabatannya untuk mencari keuntungan bagi orang lain, dan menerima sejumlah besar uang dan barang berharga sebagai imbalannya. Ia diduga melakukan tindak pidana menerima suap," lapor Xinhua seperti dikutip 27 Juni.

Lebih jauh dikatakan, Li juga terbukti menawarkan uang kepada orang lain untuk mencari keuntungan yang tidak semestinya, yang merupakan dugaan tindak pidana memberi suap.

Penyelidikan tersebut juga menemukan petunjuk pelanggaran lain yang dilakukan Li.

"Sebagai pejabat tinggi Partai dan militer, Li mengkhianati aspirasi awal Partai dan prinsip-prinsipnya. Tindakannya telah mengecewakan kepercayaan Komite Sentral Partai dan CMC, dan sangat mencemari lingkungan politik sektor peralatan di militer dan etika industri terkait," lapor Xinhua.

Dijelaskan, pelanggaran disiplin dan hukum yang dilakukannya telah membawa kerusakan besar pada tujuan Partai, pengembangan pertahanan nasional dan angkatan bersenjata, serta citra pejabat senior.

Pelanggaran yang dilakukan Li sangat serius, dengan dampak yang sangat merugikan dan kerugian yang luar biasa, menurut temuan penyelidikan.

Biro Politik juga memutuskan untuk melimpahkan kasus dugaan pidana Li ke badan kejaksaan militer untuk pemeriksaan dan penuntutan.

Bulan depan, Komite Central CPC dalam sidang pleno CPC akan mengonfirmas tindakan disiplin untuk mengeluarkan Li dari partai.

Sebelumnya, CMC telah memecat Li dari dinas militer dan mencabut pangkat jenderalnya.

Li diketahui menjabat menteri pertahanan sejak 12 Maret 2023 hingga 24 Oktober 2023. Li yang memulai karir militernya pada tahun 1982 kemudian digantikan oleh Admiral Dong Jun yang dilantik pada akhir Desember tahun lalu.