Bagikan:

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal dirinya resmi diusung menjadi bakal calon gubernur (cagub) di Pilkada Jakarta 2024. Anies mengapresiasi dukungan PKS tersebut dan berjanji akan membahagiakan warga Jakarta.

Anies pun mengajak partai-partai lain yang akan mendukung dirinya untuk maju di Pilkada 2024.

"Alhamdulillah sesudah PKB dan PKS insyaallah akan ada partai-partai lain yang mau berjuang bersama untuk mengembalikan Jakarta menjadi kota yang maju kotanya bahagia warganya," ujar Anies media sosial pribadinya @aniesbaswedan dikutip VOI.ID, Kamis 27 Juni.

Anies mengatakan, dia bertemu dengan petinggi PKS dalam waktu dekat untuk menindaklanjuti dukungan tersebut. Termasuk, kata Anies, akan bertemu pimpinan partai lain yang sudah mendukungnya.

"Insyaallah sekembalinya ke Tanah Air kami akan segera berkomunikasi dengan pimpinan PKS untuk membahas langkah-langkah lebih jauh untuk tindak lanjut ke depan, begitu juga dengan pimpinan partai yang lain. Kita sudah berjuang bersama-sama di Jakarta maupun di tingkat nasional bersama PKS, insyaallah kita berjuang bersama-sama ke depan," jelas Anies.

Anies tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PKS. "Menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas sikap PKS hari ini yang tadi disampaikan oleh bapak presiden (Ahmad Syaikhu)," pungkas Anies.

Dewan Pimpinan Tingkat Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah memutuskan mengusung pasangan Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal cagub dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Keputusan ini disampaikan oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada saat pembukaan sekolah kepemimpinan partai, Selasa kemarin.

"Struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman," ujar Syaikhu.

Syaikhu mengatakan, banyak pertimbangan PKS dalam memutuskan Anies-Sohibul di Pilgub Jakarta. Pertimbangan tersebut adalah rekam jejak pengalaman kepemimpinan baik di eksekutif maupun legislatif, kredibilitas dan kapasitas, serta peluang menangnya besar.

Selain itu, kata Syaikhu, DPP PKS mempertimbangkan usulan dari struktur DPW PKS DKI Jakarta. Termasuk, kata dia, mendengarkan berbagai masukan para tokoh, ulama, habib, tokoh lintas agama, para cendekiawan, serta masyarakat terkait Pilkada Jakarta.

"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," jelas Syaikhu.