Bagikan:

YOGYAKARTA - Mohamad Sohibul Iman telah dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera untuk mendampingi Anies Baswedan menju di Pilkada DKI Jakarta. Lantas seperti apa sih profil Sohibul Iman?

Hal ini diungkapkan Syaikhu selaku Presiden PKS dalam acara pembekalan kepada calon anggota DPR RI dan DPRD terpilih dalam Pileg 2024.

"DPP PKS pada rapat di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Sohibul iman sebagai bakal calon wakil gubrrnur," ujar Syaikhu, Selasa, 25 Juni.

Profil Sohibul Iman

Dilansir dari situs resminya partai PKS, sejak tahun 2009 jadi anggota Fraksi PKS DPR RI dari daerah pemilihan DKI 2 (Jakpus, Jaksel, LN). Saat pertama jadi legislator dipercaya selaku Wakil Ketua Komisi XI. Setahun setelah itu sampai saat ini diamanahi jadi Wakil Ketua Fraksi PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Idustri, serta Teknologi) dan jadi anggota BAKN DPR RI (Badan Akuntabilitas Keuangan Negara).

Sohibul Iman sampai saat ini telah berkiprah di 3 komisi yakni Komisi XI, VII, serta VI. Pasti saja selama 3 tahun ini pula berkiprah di beberapa Panja serta Pansus, baik terpaut legislasi ataupun pengawasan. Tidak hanya itu di MPR RI pula diamanahi selaku anggota Tim Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (35 orang) serta Tim Kajian Sistem Ketatanegaraan (45 orang).

Sebelum jadi legislator dia telah berpengalaman dalam bermacam-macam profesi dengan spesialisasi dalam bidang Kebijakan Teknologi serta Industri (aspek makro) serta Manajemen Inovasi dan Pengetahuan (aspek mikro). Lama bekerja pada lembaga teknologi pemerintah, perguruan tinggi, serta perusahaan konsultan. Sepanjang tugasnya selaku PNS di Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) serta BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) banyak menanggulangi proyek-proyek penelitian terutama terpaut kebijakan teknologi serta industri, selain juga ikut serta pada program-program reformasi, restrukturisasi, serta revitalisasi lembaga-lembaga ini.

Di dunia akademik, selain berpengalaman selaku dosen di sebagian perguruan tinggi, juga sempat berprofesi selaku rektor Universitas Paramadina, Jakarta. Juga selaku konsultan hak paten di Amroos Law Consultant sudah banyak menanggulangi drafting, penelusuran, serta aplikasi hak paten dari bermacam perusahaan dalam serta luar negara.

Kegiatan organisasi dijalani semenjak SD, SMP, serta SMA (Pramuka dan OSIS), setelah itu dilanjutkan di perguruan tinggi, baik di dalam ataupun di luar kampus. Walaupun pernah kuliah di IPB hingga tingkat 2 tetapi seluruh pendidikan tinggi (S1-S3) dituntaskan di Jepang. Seluruh kegiatan organisasi yang dijalani sampai saat ini senantiasa dilandasi motif kuat buat memberikan kontribusi untuk warga dengan bingkai Keagamaan (Keislaman) yang dipadukan dengan konteks Kekinian (Kemodernan) serta Kedisinian (KeIndonesiaan).

Tercatat sebagian organisasi sudah dibidangi dan/atau dikelola, seperti ISTECS (Institute for Science and Technology Studies), YPNF (Yayasan Pendidikan Nurul Fikri), Program Pembinaan SDM Strategis Nurul Fikri, HSF (Hokuriku Scientific Forum), MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia), YIT (Yayasan Inovasi Teknologi), serta lain-lain. Tidak hanya itu juga ikut serta dalam organisasi-organisasi profesi, semacam ISSS (International Society for System Sciences), JSSPRM (Japan Society for Science Policy and Research Management), IEEE (Institute of Electric and Electronics Engineers), dan lain-lain.

Pada saat terjadi reformasi tahun 1998 bergabung dengan PK (Partai Keadilan) serta diamanahi selaku Ketua Departemen IPTEK-LH DPP PK. Berikutnya semenjak tahun 2005 sampai 2010 diamanahi selaku Pimpinan DPP PKS bidang Ekuintek (Ekonomi, Keuangan, Industri, serta Teknologi). Atas kepercayaan yg diberikan masyarakat pada Pemilu legislatif tahun 2009 terpilih selaku anggota DPR RI dari Wilayah Pemilihan DKI 2.

Latar Belakang Pendidikan

2004 : Ph.D. dari Graduate School of Knowledge Science, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST)

1994 : Master of Engineering dari Takushoku University, Tokyo

1992 : Bachelor of Engineering dari Waseda University, Tokyo

1987 – 1988 : Kursus Bahasa Jepang di Center for Foreign Language Studies, Takushoku University, Tokyo

Pengalaman Kerja

2009 – sekarang : Anggota DPR RI

2007 – 2009 : PT. EdWar Technology, Konsultan

2005 – 2007 : Universitas Paramadina, Rektor

1998 – 2005 : Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Peneliti

1996 – 1998 : Amroos Law Consultant, Konsultan

1994 – 1996 : Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Peneliti

1992 – 1994 : Radio Jepang NHK, Penyiar

Baca juga: “PKS Umumkan Duet Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub DKI”.

Jadi setelah mengetahui profil Sohibul Iman, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!