Bagikan:

JAKARTA - Sapi berjenis Jersey yang lemak dan protein susunya lebih tinggi sedang diuji coba di Tanah Air oleh Sarihusada. Masyarakat diharap bisa menikmati produk yang lebih berkualitas ke depannya.

“Untuk meningkatkan kapasitas peternak dan koperasi susu, Sarihusada menerapkan praktek peternakan yang baik atau good dairy farming practice serta melakukan inovasi pakan baru yaitu rumput Gama Umami dan mengujicobakan jenis sapi baru yakni jenis Jersey dengan susu yang mengandung lemak dan protein yang lebih tinggi,” kata Head of Climate & Stewardship Danone Indonesia, Ratih Anggraeni kepada wartawan, Kamis, 20 Juni.

Ratih menjelaskan peternak di Indonesia kebanyakan menggunakan sapi Friesian Holstein atau sapi belang. Namun, jenis ini sebenarnya berproduksi lebih optimal di daerah subtropis yang lebih dingin.

Karenanya, Sarihusada ingin memperkenalkan sapi perah Jersey dari Inggris. Harapannya, jenis ini bisa optimal produksi susunya karena lebih toleran di negara beriklim tropis.

Selain itu, masuknya sapi jenis baru ini diharap bisa membantu menyelesaikan masalah kurangnya konsumsi susu di Indonesia akibat kurangnya sapi perah. Adapun jumlah rata-rata konsumsi di Tanah Air hanya sebesar 16,27 kg per kapita pada tahun 2020 menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021.

Sarihusada juga berfokus pada pengelolaan pengelolaan kotoran ternak sapi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yaitu biogas. Sehingga, keluarga peternak bisa memanfaatkan hasilnya.

“Sepanjang tahun 2022-2023 telah dihasilkan sebanyak 100 unit biodigester yang dimanfaatkan keluarga peternak. Kami berharap berbagai program yang di peningkatan kapasitas dari berbagai aspek ini dapat membuat para peternak menjadi lebih mandiri, sehingga produktivitasnya juga dapat meningkat,” ujar Ratih.

“Kami berharap berbagai program yang di peningkatan kapasitas dari berbagai aspek ini dapat membuat para peternak menjadi lebih mandiri, sehingga produktivitasnya juga dapat meningkat,” pungkasnya.