Bagikan:

JAKARTA - Menghabiskan waktu dengan bermain bersama anak tentunya menjadi impian semua orang tua. Salah satu caranya adalah membelikan si kecil sepeda anak. Selain menyenangkan, mainan satu ini juga dapat melatih koordinasi tubuhnya.

Tenang saja, mengajarkan anak naik sepeda tidak sulit. Cukup ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan ukuran sepeda sesuai dengan tubuh si kecil

Hindari membeli sepeda yang terlalu besar atau kecil. Hal ini akan membuat anak akan kesulitan mengendalikan, menjaga keseimbangan, dan mengayuh. Lebih baik pilihlah sepeda berdasarkan usia si kecil.

Untuk anak berusia 1-3 tahun, kamu bisa memberikan sepeda roda tiga atau tanpa pedal. Jadi, mereka dapat latihan menjaga keseimbangan terlebih dahulu. Bila sudah lancar dan si kecil berusia 4-6 tahun, barulah kamu bisa memberikan sepeda roda dua.

2. Gunakan alat pelindung diri

Pastikan kamu memakaikan si kecil alat pelindung diri, dari helm sampai pelindung siku dan lutut. Selain itu, pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala si kecil agar tali dagu dan tali samping helm bisa dikencangkan. Cara ini dapat melindungi anak dari luka dan cedera kalau mereka terjatuh.

3. Cari area yang landai

Selain mencari area yang luas, pastikan kamu mengajarkan si kecil di tempat yang rata. Hindari juga memilih area yang terlalu ramai karena dapat mengganggu konsentrasi si kecil. Tempat terbaik untuk mengajarkan si kecil belajar naik sepeda adalah memulainya di halaman belakang atau depan rumah dan taman.

4. Dampingi dan berikan arahkan

Agar si kecil tidak bingung, kamu bisa menemaninya dengan memegang bagian samping atau belakang sepeda. Cara ini dapat membantu si kecil untuk belajar menjaga keseimbanganya. Berikan juga arahan, seperti cara mengayuh, mengerem, dan mengendalikan stang. Gunakan bahasa yang lembut supaya si kecil cukup nyaman dan mudah mengerti.

5. Berikan semangat dan motivasi

Saat berlatih, jangan lupa untuk memberikan semangat dan motivasi kepada si kecil. Buatlah proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Kamu pun perlu memotivasinya dengan membicarakan apa yang bisa dilakukan dengan sepedanya. Salah satunya adalah bersepeda bersama ayah dan ibu di akhir pekan. Jangan ragu juga memberikan penghargaan dan pujian atas kemajuannya.

Nah, itulah tips mengajarkan si kecil naik sepeda. Mudah, bukan? Kamu bisa menemukan berbagai model sepeda dan juga mainan berkualitas hanya di toko resmi online Toys Kingdom melalui ruparupa. Dapatkan juga promo dan penawaran menarik dengan belanja di sini.