Bagikan:

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui UPTD Masjid Raya Baiturrahman menetapkan pelaksanaan shalat Idul Adha 1445 Hijriah ini dipusatkan di lapangan terbuka Blang Padang, Banda Aceh.

"Untuk pelaksanaan shalat Idul Adha ini kembali kita pusatkan di lapangan Blang Padang," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Sabtu.

Dia mengatakan pelaksanaan Idul Adha ini diimami oleh Ustadz Miswar Muhammad, dan yang bertindak sebagai khatib yakni Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Prof Muzakkir MA.

Sebagai informasi, Wakil Rektor UIN Sumut tersebut merupakan putra Aceh kelahiran Lhokseumawe yang saat ini juga telah berkiprah sebagai guru besar bidang Ilmu Tasawuf Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumut.

Pada khutbahnya nanti, kata Saifan, Prof Muzakkir menyampaikan ceramah dengan topik "Hakikat Ibadah Haji dan Kurban dalam Membangun Ketakwaan dan Rasa Kemanusiaan".

Dirinya menyampaikan, saat ini kepanitiaan sedang mematangkan seluruh persiapan seperti penentuan arah kiblat, pemasangan panggung khatib, pengeras suara, hingga penyediaan tempat wudhu.

"Termasuk terkait skenario perparkiran dan rekayasa jalan menuju lokasi shalat agar tidak macet nantinya, itu juga sudah kita siapkan," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, meskipun sudah disiapkan tempat wudhu, dirinya tetap mengimbau agar para jamaah Idul Adha untuk berwudhu terlebih dahulu dari rumah, dan membawa sajadah masing-masing.

"Harapannya agar jamaah terlebih dahulu berwudhu di rumah supaya tidak terjadi penumpukan (antrean)," katanya.

Dia juga mengingatkan para jamaah agar datang lebih awal mengingat shalat akan ditunaikan mulai pukul 07:30 WIB, dan disarankan membawa kendaraan roda dua untuk menghindari kemacetan.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan bahwa pelaksanaan shalat Idul Adha di Blang Padang nantinya bisa berpindah kembali ke Masjid Raya Baiturrahman (MRB) jika turun hujan.

"Kalau turun hujan, pelaksanaan shalat Idul Adha kembali kita pindahkan ke Masjid Raya Baiturrahman," demikian Saifan Nur.