Bagikan:

YOGYAKARTA - Sosok Simon Aloysius Mantiri diuntjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Simon menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok sendiri mengundurkan diri dari Pertamina sejak 2 Februari lalu untuk fokus berkampanye di belakang capres nomor 3. 

Penunjukan Simon Aloysius Mantiri sebagai Komut PT Pertamina diputuskan dalam Rapat Umum Pemagang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Pertamina (Persero) yang diadakan pada Senin (10/6) lalu. Kini Simon resmi menduduki kursi penting di perusahaan pelat merah ini. 

"Pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang dilaksanakan hari ini Senin, 10 Juni 2024, Kementerian BUMN selaku pemegang saham memutuskan untuk melakukan perubahan pada susunan Dewan Komisaris Pertamina," ujar VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso kepada CNNIndonesia.

Simon merupakan anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra. Lantas seperti apa profil Simon Aloysius Mantiri dan sepak terjangnya sebelumnya?

Profil Simon Aloysius Mantiri

Simon Aloysius Mantiri dipilih sebagai Komut Pertamina mengisi posisi yang ditinggalkan Ahok yang menjabat sebelumnya. Simon merupakan seornag politikus dari Partai Gerindra dan salah satu orang kepercayaan Prabowo. Di struktural partai, dirinya menjabat sebagai Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Simon memiliki peran penting saat masa kampanye Pemilu 2024 lalu. Pria kelahiran Desa Kamasi, Tomohon, Sulawesi Utara tersebut ikut sebagai tim pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Keduanya kini keluar sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029. 

Dalam masa-masa menjelang Pemilu tersebut, Simon ditugaskan oleh Prabowo sebagai wakil bendahara TKN pada kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Selain bertanggung jawab ngurusin anggaran, ia juga aktif memperkenalkan sejumlah program Prabowo-Gibran di kampung halamannya di Sulawesi Utara. Bersama istrinya Priscilia Waworuntu, ia menggagas sejumlah agenda kampanye paslon nomor urut 2. 

Sepak Terjang Simon Aloysius Mantiri

Simon tak cuma aktif di ranah politik, dirinya juga memiliki pengalaman dalam dunia bisnis. Sebelum diangkat sebagai Komut Pertamina, Simon sudah lebih dulu bergelut di dunia bisnis. Melihat dari laman LinkedIn miliknya, Simon menyematkan pengalaman profesional sebagai Personal Assistant Chief Executive Officer (CEO) di PT Nusantara Energy Indonesia (NEI).

PT Nusantara Energy merupakan salah satu anak usaha Nusantara Group. Perusahaan milik Prabowo ini bergerak di bidang pertambangan. Portofolio NEI meliputi spektrum industri yang luas seperti jasa pertambangan, kontruksi, transportasi laut curah, pasokan tenaga kerja, dan energi terbarukan. 

Kantor Nusantara Group sendiri berada di Lantai Sembilan Menara Bidakara 2, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Di lantai sembilan gedung ini juga diisi oleh kantor beberapa anak perusahaan Nusantara Group, di antaranya PT Chakra Namira dan PT Kertas Nusantara. 

Susunan Komisaris Pertamina

Berikut ini daftar lengkap susunan Komisaris Pertamina yang baru per Juni 2024

  • Komisaris Utama dan Independen: Simon Aloysius Mantiri 
  • Komisaris Independen: Condro Kirono 
  • Komisaris: Heru Pambudi 
  • Komisaris: Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono 
  • Komisaris Independen: Alexander Lay 
  • Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf 
  • Komisaris Independen: Iggi H. Achsien.

Demikianlah profil Simon Alaysius Mantiri yang baru saja diangkat menjadi Komut Pertamina menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Ahok. Simon merupakan politikus berpengalaman dari Partai Gerindra dan memegang jabatan penting di perusahaan pertambangan. Baca juga Pertamina gandeng Bappenas untuk kerjasama kebijakan energi berkelanjutan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.