Bagikan:

JAKARTA - PDIP tetap berupaya menjodohkan Khofifah Indar Parawansa dengan kadernya sebagai pasangan cagub dan cawagub pada Pilkada Jawa Timur 2024. 

Khofifah saat ini sudah mengantongi surat rekomendasi untuk maju kembali bersama Emil Dardak dari beberapa partai politik. 

"Mbak Khofifah ke mana-mana, Mas Emil Dardak kemana-mana, semua dimana-mana, yang penting nantinya endingnya adalah Mbak Khofifah bisa menerima calon PDIP sebagai orang kedua, kan yang penting itu," ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah, Rabu, 5 Juni.

Menurut Said, Emil Dardak yang pernah didaulat sebagai jurubicara Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 kemarin sudah cocok untuk naik menjadi menteri kabinet. Karena itu, PDIP menawarkan kader partainya untuk bersanding dengan Khofifah. 

"Emil Dardak itu kelasnya sudah menteri kali ya. Kami akan mendorong kader kami agar bisa mendapat tempat sebagai orang kedua," kata anggota DPR dapil Jawa Timur itu.

Kendati demikian, Said mengaku belum ada pembicaraan formal dengan Khofifah terkait penyodoran kader, baru sekedar obrolan saja. 

"Itu harus diakui, kita hormati, karena memang perlu kehati-hatian, karena menyangkut berbagai kerja sama dengan partai," katanya. 

Saat ini, kata Said, pihaknya sudah bicara dengan parpol-parpol pengusung Khofifah seperti PAN dan Gerindra. Selanjutnya, PDIP akan berkomunikasi dengan Golkar. 

"Kalau kesamaan itu dicapai, kami akan berbicara dengan Mbak Khofifah. Insyaallah lah, Jawa Timur itu akan guyub kok," pungkasnya.