Pengakuan Pilot Susi Air, Sempat Ditodong Senjata dan Pengakuan KKB yang Kecewa Soal Otsus
Pesawat milik Susi Air yang melayani pedalaman Papua/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pilot pesawat Susi Air, Captain Ian John Terrence Hellyer mengungkap detik-detik penyanderaan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. 

Dalam penyanderaan yang berlangsung selama 2 jam, KKB kata dia, sempat menodongkan senjata api dan singgung kekecewaan dengan dana Otonomi Khusus (Otsus).

"Dua diantara puluhan KKB membawa senjata laras panjang dan sempat menodongkan senjata kepada kami," ucap Captain Ian John, Sabtu, 13 Maret.

Adapun peristiwa penyanderaan pesawat Susi Air, jenis pesawat Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY terjadi di lapangan terbang Wangbe, Distrik Wangbe Kabupaten Puncak, Papua, Jumat, 12 Maret kemarin.

Setidaknya ada 30 KKB yang terlibat dalam aksi penyanderaan itu. Mereka mengaku kecewa dengan pembagian dana Otsus.

"KKB menyampaikan Bahwa mereka kekecewa dengan Kepala Kampung karena tidak memberikan Dana Desa dan Dana Otsus," tandas dia.

Menurut Captain Ian John, dirinya disandera bersama tiga orang lokal. "Ketiga warga asli Papua adalah Ricky Dolame, Arikala Dolame dan Arike Wandikbo," kata dia.

Namun, setelah melakukan negosiasi, akhirnya peristiwa itu berakhir. Pesawat pun terbang menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.