Bagikan:

JAKARTA - Eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti khawatir dengan kondisi pilot Susi Air, Capt Philips Marthens, yang masih disandera oleh kelompok krimnal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Pemilik maskapai penerbangan Susi Air itu cemas usai melihat video yang beredar memperlihatkan kondisi terkini Capt Philip di antara anggota KKB sekaligus Organisasi Papua Mardeka (OPM).

"Ya Alloh. Kuatkan kami semua," kata harap Susi ditulis dalam akun Twitternya, @susipudjiastuti, Jumat 10 Maret.

Susi berharap Capt Philip dibebaskan dengan kondisi selamat dari aksi penyanderaan yang dilakukan KKB. Dia berharap pilot asal Selandia Baru itu bisa segera kembali ke pelukan keluarganya.

"Bantu kami bebaskan captain kami. Kembalikan dia ke istri dan anak yang menunggunya. Semoga Engkau mengabulkan doa kami," ujar Susi.

Adapun dalam video yang beredar, Capt Philip diminta personel KKB Papua atau OPM membacakan tulisan dalam secarik kertas. Para separatis itu menenteng senjata api dan berpakaian motif militer dipadu baju adat berada di sekeliling Capt Philip yang berpakaian jaket biru.

"Saya telah diperintah oleh OPM untuk membaca pernyataan. Tak ada pilot asing yang diizinkan bekerja dan terbang di Papua hingga Papua Merdeka," kata Capt Philip dalam video.

OPM juga meminta Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) untuk melakukan mediasi antara Papua dan Indonesia untuk bekerja sama soal keinginan mereka memerdekakan Papua. "OPM akan melepaskan saya setelah Papua merdeka," ujar Capt Philip.