Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus mengatakan partainya belum memastikan wilayah mana Ridwan Kamil (RK) bakal maju di Pilkada 2024.

Namun yang pasti, sesuai perintah dari Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, Ridwan Kamil akan didorong maju antara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta atau Pilgub Jabar.

"Jadi Golkar, kami untuk Pak RK masih, beliau kan mendapat dua surat penugasan. Yang pertama penugasan di Jawa Barat kemudian DKI. Jawa Barat tentunya beliau sebagai incumbent, artinya kalau sebagai incumbent posibility-nya dan survei cukup bagus untuk beliau di sana," ujar Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Juni.

Hal ini dikatakan Lodewijk usai kader Golkar Ridwan Kamil direkomendasikan Gerindra menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024.

Lodewijk mengatakan belum ada keputusan bulat dari partainya terkait Ridwan Kamil bakal didorong maju di Pilkada Jakarta atau Jabar.

"Kemudian bagaimana beliau di Jakarta. Nah spanduknya, balihonya kan masih OTW. Jadi kita lihat saja nanti," tambahnya.

Sejauh ini, kata dia, Golkar sudah melakukan evaluasi terhadap survei pertama terkait nama-nama calon kepala daerah dan penempatannya. Setelah itu, masih ada survei kedua.

"Kita kan, pada orang-orang tertentu kita memberikan surat perintah yang sudah mendekati seperti surat keputusan. Jadi di situ kalau yang pertama beliau hanya sosialisasi, nah ini sudah ada perintah untuk mencari partai-partai koalisi termasuk pasangannya siapa," katanya.

Termasuk Ridwan Kamil, kata Lodewijk, Golkar masih mengevaluasi untuk menugaskan mantan Gubernur Jawa Barat itu.

"Pak RK sementara kita lihat, kita masih evaluasi kemana, karena kan di lapangan kan masih cair banget dimana kira-kira Pak RK mau diletakkan, apakah di Jawa Barat apakah di DKI kita masih menunggu," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya merekomendasikan mantan Gubernur Jawa Barat sekaligus politikus Golkar, Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

"Nah, bahwa kemudian soal posisinya kang Emil itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Juni.