Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah massa menggelar aksi solidaritas bela Palestina di depan Gedung Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat, hari ini. Terkait pengamanan, sekitar 1.220 personel kepolisian dikerahkan.

"Dalam rangka pengamanan aksi bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat, kami mengerahkan 1.220 persone," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Chondro kepada wartawan, Sabtu, 1 Juni.

Ribuan personel itu ditempatkan di titik-titik yang sudah dipetakan. Mereka akan memastikan aksi penyampaian pendapat di muka umum itu berjalan damai dan aman.

Di sektor lalu lintas, Susatyo menyebut sudah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas. Namun, penerapannya melihat kondisi di lapangan atau situasional.

Artinya, skema rekayasa lalu lintas baru akan diterapkan jika memang dianggap perlu

"Apabila eskalasi meningkat akan kita tutup Jalan Merdeka Selatan dan arus lalu lintas akan kita alihkan," sebutnya.

Selain itu, Susatyo juga mengimbau kepada seluruh massa aksi untuk menaati aturan. Sehingga, masyarakat lainnya tak terganggu dengan kegiatan penyampaian pendapat.

"Kami mengimbau siapa saja yang akan menyampaikan pendapat sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya," kata Susatyo.