Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkap akan ada seremonial pemindahan bedera pusaka Merah Putih ke Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang Hari Kemerdekaan RI.

"Ada seremonial yang kira-kira nanti melepas bendera dan duplikat proklamasi dari Monas ke Istana Jakarta, nanti menuju ke Istana IKN," kata Heru di Jakarta Selatan, Rabu, 29 Mei.

Heru menyebut terdapat rangkaian kegiatan jelang Hari Kemerdekaan di IKN, diawali dengan kegiatan zikir bersama di Ibu Kota baru tersebut pada 1 Agustus.

Di IKN, pemerintah akan menggelar upacara HUT ke-19 RI pada 17 Agustus dan dilanjutkan dengan peresmian masjid pada 18 Agustus.

"Itu kerangka awal untuk melakukan kegiatan pemerintahan di IKN," ucap Heru yang juga menjadi panita kegiatan HUT RI.

Kepala Sekretariat Presiden ini menjelaskan, saat peringatan HUT ke-79 RI digelar di IKN, itu berarti Jakarta resmi menanggalkan status Ibu Kota dan menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Heru juga menyebut Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan peraturan presiden (perpres) yang mengesahkan pemindahan IKN sebelum Hari Kemerdekaan.

"Artinya kan itu sudah menjadi komitmen pemerintah pusat bahwa sesegera mungkin Perpres itu dikeluarkan, sehingga, waktunya tepat untuk beralih menjadi DKJ," jelasnya.

Sementara itu, Jokowi telah mengesahkan penerbitan Pengesahan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta pada 25 April 2024.