Bagikan:

JAKARTA - Ridwan Kamil menyebut Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung yang pernah dipimpinnya bisa berkembang karena berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti anak muda maupun pemerintah saerah lain.

Hal ini disampaikan eks Gubernur Jawa Barat tersebut saat menjadi narasumber talkshow bertajuk ’Navigate the Future: A Talk on Leadership, Entrepreneurship and Experience’ di Singapura pada Rabu, 22 Mei.

“Jawa Barat bisa tumbuh dan berkembang, salah satunya karena kami terbuka untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah lain, baik di dalam maupun luar negeri,” kata Ridwan dalam acara yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI).

Karenanya, Ridwan mengingatkan anak muda yang merupakan aset masa depan bangsa berani bergerak misalnya jadi pengusaha. Sebab, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa jadi tulang punggung perekonomian suatu wilayah.

“Maka anak-anak muda harus berani menjadi pengusaha. Jangan takut gagal. Sebaliknya harus optimistis dan percaya diri,” tegasnya.

Eks Wali Kota Bandung itu kemudian mencontohkan dirinya yang sekarang mengembangkan bisnis di bidang makanan dan minuman bernama Jabarano Coffee. “(Usaha ini, red) sudah dirintis lama, yang pertama di buka di Australia. Memang salah satu tujuannya untuk mengurasi kopi dari Jawa Barat untuk masuk pasar dunia menjadi kopi juara,” ungkap Ridwan.

 

“Kalau saya saja berani, anak-anak muda tidak boleh kalah berani. Harus lebih semangat,” sambungnya.

Selain itu, ada juga bisnis lain yang dibuat Ridwan berupa perawatan wajah atau skin care yaitu R1 Skin Care. Dia memamerkan bisnisnya ini bakal menembus pasar ASEAN.

“Poinnya produk lokal tidak kalah. Bisa masuk pasar global,” pungkas Ridwan.