Ridwan Kamil: Inovasi-Kolaborasi Kunci Pencapaian Vaksinasi COVID-19
Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil. (ANTARA/Ajat Sudrajat)

Bagikan:

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan salah satu kunci pencapaian target vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang populasi penduduknya mencapai 50 juta jiwa ialah inovasi dan kolaborasi.

"Meski Jawa Barat memiliki populasi terbesar di indonesia, namun mampu mencapai target vaksinasi nasional dengan mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," kata Ridwan Kamil  dilansir ANTARA, Rabu, 17 Agustus.

Ridwan Kamil melaporkan perkembangan capaian vaksinasi COVID-19 di Jawa Barat.

Dia mengatakan hingga 16 Agustus 2022, Jawa Barat telah melakukan vaksinasi dosis pertama mencapai angka 36.635.808 atau 85,98 persen.

Total vaksinasi dosis kedua mencapai angka 31.788.321 atau 74,60 persen dan total vaksinasi dosis ketiga mencapai angka 14.211.328 atau 33,35 persen.

Berdasarkan data tersebut, menurut Ridwan Kamil, dapat disimpulkan bahwa walaupun Jabar memiliki populasi terbesar di Indonesia, tetapi bisa mencapai target vaksin nasional dengan mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi.

Kang Emil, sapaan akrabnya, menuturkan tahun ini merupakan tahun ketiga bangsa Indonesia melaksanakan perayaan kemerdekaan dalam situasi pandemi COVID-19.

Namun begitu, kondisi saat ini jauh lebih terkendali karena sudah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi.

Jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, kata Ridwan Kamil, Indonesia tergolong sukses melaksanakan upaya pengendalian penyebaran COVID-19.

"Dan ini semua tentu berkat upaya kita bersama. Berkolaborasi, mendorong inovasi dalam menyelesaikan ragam persoalan yang ditimbulkan oleh pandemi ini. Sinergi bersama antara komite, TNI/Polri, para tenaga kesehatan dan masyarakat dalam melakukan percepatan vaksinasi," kata dia.