Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri sempat tersenyum saat kadernya di Rakernas V PDIP mengira dirinya sudah melupakan Ganjar Pranowo yang merupakan capres di Pilpres 2024.

Momen ini terjadi saat Megawati menyapa undangan yang hadir ketika akan menyampaikan pidato politiknya untuk membuka Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara pada hari ini, Jumat, 24 Mei. Ketika itu, Presiden ke-5 RI itu tidak secara spesifik menyebut nama Ganjar Pranowo.

Padahal selama acara, eks Gubernur Jawa Tengah itu duduk di sebelah Megawati. Keduanya bahkan seringkali berbincang.

“Opo? Oh iya lupa banget, iya loh, saya juga tahu,” kata Megawati sambil tersenyum mendengar kadernya meneriakkan nama Ganjar.

Megawati memastikan dirinya belum melupakan Ganjar yang pernah dicalonkan sebagai presiden bersama dengan Mahfud MD di Pilpres 2024. “Sengaja disembunyikan,” ujarnya.

Dia kemudian mengatakan Ganjar akan diminta terus berjuang. Begitu juga dengan Mahfud.

“Enggak, enggak belum dipensiunkan. Terus berjuang, satyam eva jayate (kebenaran pasti akan menang),” tegas Megawati.

“Puji syukur kita panjatkan kepada terutama Pak Ganjar dan Pak Mahfud, bahwa masih tetap kuat, iya dong, kalau berdua ini, apa ya,” sambungnya.

Diketahui, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung PDIP bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, Hanura dalam Pilpres 2024. Hanya saja, pasangan nomor urut tiga ini kalah dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Adapun pasangan ini sempat mengajukan gugatan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Begitu juga dengan pasangan Anies-Muhaimin.

Namun, MK memutuskan menolak gugatan tersebut. Sehingga, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024.