Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun, membacakan puisi berjudul ‘Banteng yang Terluka’. Salah satu baitnya mengingatkan kader tak boleh menjadi pengecut dan pengkhianat.

Momen ini terjadi saat PDI Perjuangan (PDIP) melakukan prosesi penyambutan Obor Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam dalam rangka Rakernas V di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, pada hari Kamis, 23 Mei 2024.

Dari pantauan di lokasi, penyambutan obor itu pertama dilakukan di Kemayoran. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kemudian berlari membawa obor itu ke area lokasi Rakernas V di Ancol sekitar pukul 16.30 WIB.

Saat itu, Hasto turut didampingi Wakil Bendahara Umum PDIP Rudianto Tjen, Ketua DPP PDIP Wiryanti Sukamdani, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Kris Dayanti dan Putra Nababan.

Tampak juga Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP), Hendrar Prihadi, dan Ketua Umum Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), Wanto Sugito.

Adapun api obor ini melintasi 20 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jakarta serta menempuh jarak 526 km dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Pengambilan api abadi ini sudah dilakukan sejak pekan lalu.

Prosesi Obor Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam jelang Rakernas V PDIP (dok. VOI).

Setiba di lokasi Rakernas V PDIP, Hasto kemudian menyerahkan obor kepada Komarudin yang sudah menunggu. Ia lalu membacakan sebuah puisi.

"Dari Merauke sampai ke Sabang, dari Rote sampai ke Miangas. Jangan jadi pengecut apalagi jadi pengkhianat. Jangan jadi pengecut apalagi jadi pengkhianat," kata Komarudin dengan suara yang lantang di lokasi acara.

"Satukan barisan di bawah komando Ibu Megawati Soekarnoputri. Satyam-eva Jayate (Hanya Kebenaran yang Berjaya, red.)," sambung Komarudin.

Diberitakan sebelumnya, PDIP menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Tema yang dibawakan adalah 'Satyam-eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan subtema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri 4.858 peserta yang terdiri dari seluruh fungsionaris partai, seperti DPP Partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai; Anggota DPR RI; badan dan sayap partai; Ketua, Sekretaris, Bendahara Dewan Pimpinan Luar Negeri (DPLN) dari 16 negara.

Kemudian hadir juga anggota DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota; kepala dan wakil kepala daerah PDIP; serta calon anggota DPR RI terpilih Pemilu 2024 yang non-incumbent.

Nantinya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik saat pembukaan.