Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menindaklanjuti kasus mobil selebgram Zoe Levana yang terjebak dihimpit bus Transjakarta di depan dan belakang mobilnya.

Terjebaknya mobil Zoe bukan tanpa alasan. Dalam video yang diunggah di akun Instagram dan TikTok pribadinya yang belakangan viral, Zoe mengakui mobilnya masuk jalur Transjakarta dan tak bisa keluar.

Syafri menyebut, Zoe akan dikenakan sanksi tilang sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Sesuai dengan UU 22 tahun 2009, bahwa pelanggaran terhadap rambu lalu lintas dan marka jalan, dikenakan tilang itu akan dijalankan," kata Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 21 Mei.

Seusai video yang diunggah sendiri oleh Zoe viral, petugas Dishub langsung berkoordinasi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Jakarta Utara untuk menghubungi selebgram tersebut dan mengenakan sanksi tilang.

"Denda maksimal Rp500 ribu," ujar Syafrin.

Oleh karena itu, Syafrin meminta semua masyarakat pengendara kendaraan pribadi untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, serta arahan petugas di lapangan.

Mobil yang dikemudikan selebgram Zoe Levana, terjebak dalam jalur bus TransJakarta. Mobilnya nyangkut dan kesulitan maju atau mundur, sebab beberapa bus TransJakarta mengantre menuju halte.

Zoe menyebut, dia bisa terjebak selama 4 jam karena menunggu seluruh bus tersebut berjalan.

"Guys aku nyangkut! Oke kita coba turun bentar ya biar tahu maksudku apa. Ini ya lihat ya, lihat ya. Kita gak sengaja masuk jalur busway karena kesalahannya Ferdi. Di depan ada bus dan dia gak jalan dari tadi, di belakang juga ada bus. Jadi kita stuck dan kita di sini ada ini (pembatas jalan) jadi kita gak bisa jalan guys," ujar Zoe dalam unggahan video.

"Dan kalian tahu gak ini tuh (bus) sampe depan ada banyak banget, gak mungkin bisa jalan ini, panas juga ini. Ini kan gede, dan mobil ku kecil, dan di situ bus lagi sampe belakang. Help me guys. Like, solusinya gimana? Please komen di bawah, saya panik ini empat jam. Katanya ini sampai jam 4," lanjutnya.

Zoe bermaksud meminta simpati warganet saat mengunggah video tersebut. Bukannya diberi solusi, Zoe malah dihubat. Bagaimana tidak, jalur yang dipakainya memang bukan disiapkan untuk kendaraan pribadi.