Bagikan:

JAKARTA - Eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) membantah soal kesaksian yang menyebutnya kerap cawe-cawe dengan direktur jenderal (Dirjen) di Kementan untuk meminta uang.

Menurutnya, seorang menteri tak mungkin mengurusi hal teknis mengenai perjalanan dinas.

"Saya tidak pernah cawe-cawe masalah teknis Pak. Saya menteri, siapa yang ikut perjalanan, pakai apa ini kan teknikal operasional," ujar SYL dalam persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 20 Mei.

SYL juga menyebut eselon I pun tak akan mengurusi mengenai teknis perjalanan. Sehingga, tak mungkin rasanya seorang menteri harus meminta uang ketika perjalanan dinas.

 

"Nggak ada di eselon I pun tidak sampai di situ apalagi menteri mau tanya mana uangnya, kasih sama siapa uang. Jadi saya pikir ini hal yang perlu saya jelaskan bapak, karena saya merasa bahwa kalau seperti ini semua nunjuk ke menteri," sebut SYL.

"Sementara menteri itu adalah jabatan yang menjabarkan tujuan penjabaran misi dan visi presiden dan negara. Di eselon I adalah program yang bersifat strategis eselon II bersifar operasional, teknilal operasional ada di eseolon III dan IV. Itu frame akademik intelektual dari goverment yang ada," sambungnya.

SYL juga mengaku tak pernah meminta-minta uang selama puluha tahun menjabat di pemerintahan.

"Dan saya tidak pernah pak, saya ini 30 tahun jadi pejabat mulai dari bupati, sekwilda (Sekretaris Wilayah Daerah), tidak pernah minta-minta seperti itu, apalagi dalam forum terbuka, minta uang dan lain-lain," kata SYL.