Bagikan:

JAKARTA - Bareskrim Polri turun tangan membantu Polda Jawa Barat memburu tiga buronan kasus pembunuhan terhadap Vina yang terjadi di Cirebon.

Pada kasus ini, sedianya sudah 8 orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan, telah divonis bersalah di tahap persidangan.

"Kami turunkan tim untuk back up Polda Jabar," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani Raharjo Puro, Kamis, 16 Mei.

Berdasarkan rangkuman beberapa sumber, kasus pembunuhan ini terjadi sekitar Agustus 2016. Kala itu, Vina dan kekasihnya, Eki, berkendara dengan sepeda motor. Mereka disebut dibuntuti oleh sekelompok geng motor.

Saat berada di SMP 11 Kali Tanjung Cirebon, Vina dan Eki diberhentikan. Kemudian, keduanya dibawa ke tempat sepi oleh para pelaku.

Mereka disebut dipukuli oleh sekelompok geng motor tersebut. Bahkan, Vina sempat dilecehkan sebelum dibunuh.

Kemudian, para pelaku membawa jasad Vina dan Eki dan meletekannya di jalan. Mereka membuat skenario bila pasangan kekasih itu meninggal akibat kecelakaan tunggal.

Seiring proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan, polisi menemukan ada dugaan tindak pidana. Hingga akhirnya menetapkan 8 orang sebagai tersangka.

Mereka yakni Rivaldi Aditya Wardana, Eko Ramadhani, Jaya, Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra, Sudirman, dan Saka Tatal.

Bahkan, delapan orang itu telah menjalani proses persidangan. Hasilnya, 7 orang divonis penjara seumur hidup. Sementara satu sisanya disanksi kurungan penjara 8 tahun karena masih di bawah umur.

Dalam perburuan tiga tersangka itu, polisi menerbitkan daftar pencarian orang atau DPO. Mereka adalah Dani (28), Andi (31), dan Pegi (30) alias Perong.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Jules Abraham Abast membeberkan ciri-ciri tiga buronan tersebut, pertama Pegi alias Perong usia sekitar 30 tahun, dengan ciri-ciri tinggi 160 cm, badan kecil, memiliki rambut keriting, dan kulit yang hitam.

Tersangka kedua, Andi usia sekitar 30 tahun, dengan ciri-ciri tinggi 165 cm, badan kecil, rambut lurus dan memiliki kulit hitam.

Terakhir adalah Dani, usia sekitar 28 tahun, dengan ciri-ciri tinggi 170 cm, badan sedang, rambut keriting dan warna kulit sawo matang.