517 Seniman di Yogyakarta Divaksinasi COVID-19, Jokowi: Agar Terus Semangat Berkarya
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi COVID-19 kepada para seniman dan budayawan di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK), Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Dalam peninjauannya, Jokowi didampingi oleh Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan seniman Butet Kertaredjasa.

Setibanya di lokasi vaksinasi, Jokowi disuguhkan tarian dengan tema 'petruk divaksin' karya Anter, yang diiringi musik akapela. Tersaji juga penampilan sejumlah lagu daerah dan nasional mendampingi jalannya vaksinasi.

Dalam peninjauannya, Jokowi berkeliling dan berbincang dengan sejumlah seniman serta budayawan yang akan maupun sedang divaksinasi.

"Pagi hari ini, saya berkunjung ke kabupaten bantul, provinsi DIY, tepatnya di padepokan seni Bagong kusutiajo, di mana pagi hari ini dilaksanakan vaksinasi sebanyak 517 seniman," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 10 Maret.

Adapun seniman yang divaksinasi COVID-19 tahap dua bagi petugas pelayanan publik mencakup seniman musik, tari, seni rupa, pelukis, seni tradisional, hingga seni modern.

"Semuanya tadi divaksinasi dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku, pandemi COVID-19 membuat berbagai kondisi perekonomian menjadi tidak mudah. Terlebih para pekerja seni. Mereka terpaksa menghentikan pagelaran seninya akibat pembatasan kegiatan masyarakat.

"Kita tahu ini adalah keadaan yang tidak mudah, keadaan yang tidak gampang bagi para pekerja seni," ungkap Jokowi.

Oleh sebab itu, dengan masuknya para seniman dan budayawan Yogyakarta dalam sasaran vaksinasi saat ini, Jokowi berharap mereka tetap memiliki semangat dalam berkarya.

"Kita harus terus merawat semangat agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya meskipun dalam masa pandemi. Adanya pembatasan-pembatasan yang ada, tetapi karyanya tidak pernah berhenti," ucap Jokowi.

"Sehingga, dengan vaksinasi kita harapkan para seniman, pekerja seni, semuanya bisa terlindungi dari COVID-19," lanjutnya.