Desa Sayung Demak Langganan Banjir, Pemkab Segera Bangun Rumah Pompa
Mesin pompa penyedot banjir milik BBWS saat menyedot genangan banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. (Ilustrasi). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Bagikan:

JATENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak segera membangun rumah pompa untuk mengatasi banjir rob di Desa Sayung, Kabupaten Demak, yang sering terjadi setiap tahunnya.

"Terkait lokasi pembangunan rumah pompa sudah ditetapkan, yakni di Dukuh Lengkong, Desa Sayung," kata Bupati Demak Esiti'anah di Demak, di Jawa Tengah (Jateng), Rabu 8 Mei, disitat Antara.

Untuk anggarannya, kata dia, sudah diusulkan lewat APBD Demak. Diharapkan rumah pompa tersebut bisa membantu mengalirkan air rob keluar wilayah tersebut.

Upaya lainnya, yakni dengan melakukan normalisasi saluran irigasi di wilayah setempat.

Dalam mempercepat surutnya setiap terjadi banjir rob, kata dia, memang membutuhkan dukungan ketersediaan alat mesin pompa penyedot air.

Hal itu, terlihat pada waktu terjadi banjir rob bulan April 2024 Pemkab Demak tidak hanya menerjunkan mesin pompa milik BPBD Demak, termasuk meminjam mesin pompa dari BPBD Solo dan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) setempat.

Meskipun demikian, upaya mempercepat surutnya banjir tetap juga belum maksimal dan harus membutuhkan waktu yang cukup lama.