Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra buka suara soal mandat Partai Demokrat ke Emil Dardak untuk kembali berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jawa Timur 2024. 

Gerindra menegaskan, pasangan cagub dan cawagub yang akan diusung partai akan diputuskan Ketua Umum, Prabowo Subianto. Diketahui, Gerindra sendiri sudah menyatakan akan mengusung Khofifah namun belum untuk wakilnya.

"Kalau saya melihat, ya pantas-pantas aja. Cuma kalau keputusan di Gerindra setelah melihat, itu ada di pak prabowo yang akan memutuskan," ujar Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 6 Mei. 

Habiburokhman menjelaskan, Gerindra masih dalam merumuskan sosok yang akan didukung pada Pilkada 2024. Rumusan itu, menurutnya, tergantung pada komposisi koalisi dengan partai-partai lain. 

"Jadi nggak bisa (sendiri, red). Kayaknya sedikit sekali baik pilkada provinsi, kabupaten, kota yang partai Gerindra bisa menentukan sendiri. Karena kursinya belum cukup," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Habiburokhman, Gerindra masih perlu berkomunikasi baik dengan Khofifah sebagai cagub yang diusung dengan partai-partai politik pendukung. 

"Bu khofifah apakah dengan pak Emil atau dengan siapa, kami komunikasi pertama dengan teman-teman Koalisi Indonesia Maju. Yang kedua dengan partai politik lain," katanya. 

Sebelumnya, mantan Wakil Gubernur Jatim yang juga ketua DPD Demokrat Jatim Emil Dardak, mengaku dirinya telah mendapat mandat dari DPP Demokrat untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa pada Pilkada Jatim 2024.

Emil mengaku, saat ini dirinya tengah berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat serta partai politik lain. 

"Kita ingin mematangkan rencana kita menuju ke pemilihan yang akan datang. Nah tentu karena ini adalah suatu proses yang harus menghormati juga, partai-partai tentu kami sudah berkomunikasi untuk mengatakan ini sebagai sebuah pasangan," ujar Emil, Kamis, 2 Mei. 

Emil mengatakan Demokrat sudah menyampaikan untuk melanjutkan format dengan melakukan pembicaraan dengan Golkar, Gerindra, dan PAN yang telah memberikan dukungan secra resmi kepada Khofifah.

"Namun dengan segenap elemen partai yang di Jatim, kami melakukan komunikasi bersama-sama," katanya.