Bagikan:

JAKARTA - Direktur CIA William Burns dikabarkan bakal melakukan perjalanan ke Israel untuk membahas gencatan senjata dan pembebasan sandera.

NBC News pada Senin 6 Mei melaporkan seorang sumber mengatakan dalam diskusi di Doha, Qatar, bahwa Burn bakal terbang ke Israel setelah berada di Kairo, Mesir dalam perundingan serius terkait gencatan senjata antara militer Israel-Hamas.

Sumber itu juga mengatakan Burn memiliki jadwal yang tidak pasti namun kemungkinan besar akan berada di Israel dalam waktu dekat.

Setelah ada tanda-tanda kemajuan akan konflik Israel-Hamas di Palestina, dalam diskusi di Kairo tuntutan Hamas kembali ditolak Israel.

Belakangan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga menegaskan tetap melanjutkan agresi militernya di Palestina dan menolak tekanan internasional untuk menghentikan perang.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berdalih, Hamas tidak serius dengan kesepakatan menuju gencatan senjata. Dia menekankan, bakal ada operasi “operasi besar di Rafah dan tempat-tempat lain di seluruh Gaza dalam waktu dekat.”

Senin 6 Mei pagi waktu setempat, militer Israel kembali mendesak warga sipil di Rafah timur untuk mengungsi. Rafah timur diketahui berada di Gaza paling selatan.

Rafah timur adalah tempat lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk Gaza yang kini berada dalam tekanan serangan Israel.