Pendaki Ini Lagi Dicari Gara-gara Nyalakan Flare di Puncak Gunung Andong
Gunung Andong dari puncak Telomoyo/Unsplash/Inisial M.05

Bagikan:

JAKARTA - Pendaki pria ini tengah dicari gara-gara menyalakan flare di puncak Alap-alap Gunung Andong, Magelang, Jawa Tengah. Flare bisa membahayakan ekosistem di kawasan gunung.

Dikutip dari Instagram @andongviapendem, tampak pendaki pria berfoto di puncak Alap-alap Gunung Andong dengan berlatarbelakang kepulan asap flare atau ada yang menyebut smoke bomb, warna cokelat oranye. Diunggah juga video saat tiupan angin kencang membuat asap flare menyebar.

Flare tentu berbahaya seperti kejadian yang pernah terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kawasan bukit Gunung Bromo pernah terbakar gara-gara pengunjung yang menggunakan flare atau suar untuk kepentingan pengambilan gambar. Akses wisata kawasan Bromo sempat ditutup untuk wisatawan dan kebakaran baru padam pada 15 September 2023.

Akibat sejumlah rangkaian peristiwa kebakaran hutan dan lahan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut, areal seluas 504 hektare dilaporkan mengalami kerusakan. Mayoritas area yang rusak merupakan kawasan savana.