Typo Bikin ‘Bangkrut’ Cartier, Anting Emas-Berlian Rp211 Juta Terjual Seharga Rp211 Ribu
ILUSTRASI UNSPLASH/peng wang

Bagikan:

JAKARTA - Kesalahan ketik ini berujung sangat fatal. Cartier melepas anting emas dan berlian seharga Rp211 ribu meski harga aslinya sekitar Rp211 juta. Gara-gara typo di situs Cartier.

Seorang konsumen di Meksiko mengatakan dalam unggahan di media sosial X soal dirinya yang sedang iseng menjelajahi Insgram. Rogelio Villarreal, dokter Meksiko ini, lantas melihat sepasang anting dijual sangat murah.

Anting ini seharusnya dijual seharga 237.000 peso, atau lebih dari 13.000 dolar AS atau bila dikalkulasikan ke rupiah setara Rp211 juta.

Tapi perhiasan tersebut dijual dengan harga 237 peso, atau sekitar USD 13, lapor New York Times dilansir dari CBS News, Selasa, 30 April. Tampaknya Cartier menghilangkan tiga angka nol di belakang, sebagai typo alias salah ketik yang fatal.

Cartier, penjual perhiasan mewah yang sadar dengan kesalahan ketik ini lantas berupaya membatalkan pesanan Villarreal. Cartier memberikan kompensasi kepada Villarreal dengan sebotol sampanye dan aksesori kulit sebagai permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan, menurut laporan dari Agence France Presse.

Namun Villarreal menganggap tawaran tersebut tidak memuaskan, dan malah mengajukan kasus tersebut ke badan perlindungan konsumen federal Meksiko.

Villarreal mengatakan kepada New York Times, Cartier telah memberitahunya pihaknya telah memenuhi perintahnya. Perhiasan pun dikirim ke Villareal. "Perang telah berakhir. Cartier mematuhinya," katanya dalam postingan tanggal 22 April.

Cartier tidak segera menanggapi permintaan komentar CBS MoneyWatch. Badan perlindungan konsumen federal Meksiko juga belum menanggapi permintaan komentar.