DPUTR Sukabumi: Faktor Cuaca Menjadi Kendala Perbaikan Jalan
Ruas Jalan Sawahbera di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jabar, yang masuk dalam agenda perbaikan DPUTR Kota Sukabumi pada tahun 2024. ANTARA/Aditya Rohman

Bagikan:

SUKABUMI - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyebutkan faktor cuaca menjadi salah satu kendala dalam program perbaikan jalan di beberapa titik di daerah ini.

"Pada tahun ini ada 24 ruas jalan yang sudah dianggarkan dari APBD Kota Sukabumi untuk diperbaiki. Namun, baru empat ruas jalan yang diperbaiki," kata Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan DPUTR Asep Supriyadi di Sukabumi, Antara, Minggu, 28 April.

Menurut Asep, ada beberapa lokasi yang dalam waktu dekat dilakukan perbaikan jalan, antara lain, Jalan Sawahbera dan Cikareo di Kecamatan Warudoyong, Jalan Prana di Kecamatan Cikole, Jalan Puri Cibeureum I dan II dan Lamping di Kecamatan Cibeureum.

Diakuinya bahwa perbaikan jalan ini sedikit tertunda akibat kendala cuaca karena seperti diketahui hampir setiap hari turun hujan deras. Apabila pengerjaannya dipaksakan, khawatir tidak maksimal dan jalan lebih cepat rusak.

Meski demikian, pihaknya optimistis target perbaikan jalan ini bisa tuntas sampai akhir tahun. Maka dari itu, perbaikan saat ini sudah mulai serta meminta kepada kontraktor memperhatikan kualitas pengerjaan, spesifikasi, dan waktu pengerjaan.

"Perbaikan jalan menjadi fokus utama kami agar masyarakat nyaman serta meminimalisasikan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan yang rusak," tambahnya.

Asep menyebutkan dari 154 ruas jalan dengan panjang 117,796 kilometer yang berada di bawah kewenangan Pemerintah Kota Sukabumi, sekitar 86,87 persen atau 102,376 km berada dalam kondisi baik dan sisanya sekitar 15 kilometer atau 13 persen membutuhkan perawatan atau perbaikan.

Di sisi lain, pada tahun 2023 jumlah ruas jalan yang diperbaiki sebanyak 44 titik. Namun, pada tahun 2024 jumlah ruas jalan yang diperbaiki berkurang karena tahun jalan yang rusak atau membutuhkan perawatan semakin berkurang. Dalam hal ini, pihaknya menargetkan seluruh jalan yang di bawah wewenang Pemkot Sukabumi bisa dalam kondisi baik atau mantap.