Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat tak khawatir soal penyusunan kabinet di pemerintahan baru yang akan dipimpin Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini menyerahkan sepenuhnya soal jatah kursi menteri kepada presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Terkait kursi menteri, hal ini menjadi hak prerogatif presiden, sehingga diserahkan kepada beliau," ujar Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOPKK) Partai Demokrat, Herman Khaeron saat dihubungi, Jumat, 26 April.

Demokrat yakin Prabowo sudah punya formula yang tepat untuk mengatur susunan kabinetnya, termasuk porsi bagi partai-partai di Koalisi Indonesia Maju sebagai pendukung di Pilpres 2024.

"Karena kami yakin Pak Prabowo memiliki formula yang tepat, serta memiliki komitment yang kuat dengan partai-partai pengusungnya," katanya.

Demokrat, tambah Herman, juga tak ambil pusing soal jumlah kursi yang akan diberikan Prabowo di kabinet pemerintahannya.

"Berapa banyak dan kementerian apa saja, sekali lagi diserahkan sepenuhnya kepada presiden dan wakil presiden periode 2024-2029," pungkas Herman.