Biaya Vaksin HPV Orang Dewasa, Cegah Kanker Penis dan Serviks
Ilustrasi vaksinasi HPV untuk orang dewasa (foto: Pixabay/Mufidpwt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Vaksin HPV adalah antigen yang dapat mencegah infeksi Human Papillomavirus (HPV). HPV sendiri merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin serta kanker pada organ genital, seperti kanker serviks dan kanker penis. Lantas, berapa biaya vaksin HPV orang dewasa?

Perlu diketahui, sejak tahun 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadikan vaksin HPV sebagai salah satu jenis vaksin dalam program imunisasi wajib nasional untuk anak perempuan usia 11-12 tahun pada beberapa provinsi. Program ini kemudian dilanjutkan di seluruh provinsi Indonesia mulau tahun 2023-2024.

Bagi orang dewasa yang belum pernah ataupun belum menerima dosis vaksin HPV lengkap disarankan untuk melakukan vaksinasi ini secara mandiri.

Biaya Vaksin HPV Orang Dewasa

Biaya vaksinasi HPV orang dewasa sangat bervariasi, tergantung rumah sakit mana yang dipilih untuk vaksinasi.

Berdasarkan penelusuran VOI, biaya vaksinasi HPV di rumah sakit swasta di Indonesia berkisar antara Rp750.000 hingga di atas Rp1.300.000 untuk sekali suntik.

Bila ingin mengakses vaksin HPV, ada baiknya mempersiapkan dana lebih untuk kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yakni sekitar 20-30 persen dari biaya yang diperkirakan.

Waktu yang Tepat Mendapatkan Vaksin HPV

Vaksin HPV baiknya diberikan pada anak perempuan dan anak laki-laki berusia 9-12 tahun. Namun, vaksinasi HPV juga bisa dilakukan pada remaja dan orang dewasa yang berusia 13-26 tahun jika belum pernah menjalani vaksinasi HPV atau vaksinasinya belum lengkap.

Bila Anda sudah aktif melakukan hubungan seksual, Anda tetap dapat menjalani vaksinasi HPV, terutama jika belum lengkap.

Dosis Vaksin HPV

Berikut ini adalah dosis vaksin HPV untuk anak usia di bawah 15 tahun hingga dewasa:

  • Anak usia di bawah 15 tahun sebanyak 2 kali injeksi atau suntikan dengan dosis 0.5 ml . Rentang waktu suntikan pertama dan kedua adalah 6-12 bulan.
  • Anak remaja usia 15-20 tahun sebanyak 3 kali injeksi dengan dosis 0.5 ml.
  • Orang dewasa usia 20-26 tahun sebanyak 3 kali injeksi dengan dosis 0.5 ml.
  • Orang dewasa usia 27-45 tahun sebanyak 3 kali injeksi dengan dosis 0.5 ml. Kelompok usia ini perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menerima vaksin.

Khusus untuk remaja dan orang dewasa, rentang waktu suntikan pertama dan kedua adalah 1-2 bulan. Sementara rentang waktu antara suntikan kedua dan ketiga adalah 6 bulan.  

Efikasi vaksin HPV akan lebih optimal bila diberikan sebelum aktif berhubungan seksual, sebab belum berisiko terpapar virus HPV. Atas dasar inilah, vaksinasi HPV dimasukkan dalam program imunisasi wajib dari pemerintah untuk anak usia di bawah 15 tahun dengan pemberian dosis sebayak 2 kali suntikan.

Pemberian vaksin HPV dilakukan lewat jalur intramuskular (disuntikkan ke otot). Penyuntikan vaksin akan dilakukan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter di fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk untuk pelayanan vaksinasi.

Efek Samping Vaksin HPV

Pemberian vaksin HPV dapat memunculkan sejumlah efek samping seperti berikut:

  • Nyeri, bengkak, gatal, atau kemerahan di area bekas suntikan.
  • Sakit kepala.
  • Mual atau muntah.
  • Nyeri otot atau sendi.
  • Rasa lelah.
  • Demam
  • Pusing atau pingsan.

Segera periksakan diri ke dokter bila efek samping yang muncul tidak kunjung mereka atau justru semakin parah. Selain itu, Anda juga harus segera ke dokter bila mengalami reaksi alergi setelah menerima vaksin HPV.

Demikian informasi tentang biaya vaksin HPV orang dewasa. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.