Anies-Muhaimin Hadir di KPU Saksikan Penetapan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih
Capres Anies Baswedan bersama Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hadir Penetapan Presiden Terpilih 2024 di Kantor KPU, Rabu 24 April (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hadir di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menyaksikan penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Anies mengenakan balutan jas hitam dengan kemeja putih, sementara Cak Imin mengenakan jas hijau dan kemeja putih. Anies dan Cak Imin sempat melempar senyum kepada awak media di depan gedung KPU.

Prabowo dan Gibran terlebih dulu datang ke kantor KPU RI pada pukul 09.49 WIB. Sebelum keduanya tiba, sejumlah ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju menjemput kedatangan Prabowo-Gibran.

Beberapa di antaranya yakni Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hari Murtiyudhoyono, Ketua Umum Partai PAN Zulkifli Hasan.

Hadir juga para menteri Presiden Joko Widodo seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Tim Kampanye Nasional (TKN) dan tim hukum Prabowo-Gibran di Mahkamah Konstitusi juga tampah hadir di gedung KPU.

KPU hari ini menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024. Hal ini dituang dalam keputusan KPU yang dibacakan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

Sebelumnya, KPU resmi mentapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemenang Pemilu 2024 dengan perolehan sebanyak 96.214.691 suara atau 58,58 persen dari seluruh suara sah nasional.

Lalu, capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswesan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara atau 24,95 persen. Sementara capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh 27.040.878 suara atau 16,47 persen. Total suara sah Pemilu Presiden 2024 adalah 164.227.475 suara.