Puan Maharani Bakar Semangat HIPMI Bangun Ekonomi Indonesia, 10 Pemuda Cukup Guncangkan Dunia
Katua DPR RI Puan Maharani (Foto: Dok DPP PDI Perjuangan)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) turut bergotong royong menjadikan tahun 2021 sebagai tahun pemulihan ekonomi Indonesia.

"HIPMI perlu menjadi bagian solusi bagi kemajuan ekonomi Indonesia. Saya lihat HIPMI berada dalam posisi strategis untuk berperan dalam pemulihan dan memajukan ekonomi kita," ujar Puan Maharani saat menjadi keynote speaker di Rakernas HIPMI XVII, Jumat, 5 Maret.

Menurutnya, kader muda HIPMI merupakan wajah dari masa depan Indonesia yang turut memegang kunci ekonomi Indonesia.

Puan mengingatkan pemuda Tanah Air untuk terus mempertahankan sikap optimis yang dilandaskan pada kerja keras dan kehati-hatian.

"Bung Karno mengatakan beri aku seribu orang tua maka aku pindahkan gunung Semeru, tetapi cukup beri aku 10 pemuda niscaya aku guncangkan dunia," ungkap Puan.

Lebih lanjut, Puan menyinggung perlambatan ekonomi saat pandemi. Ia mengungkapkan ada tiga dampak besar COVID-19 bagi perekonomian Indonesia. Pertama, pada konsumsi rumah tangga atau daya beli yang merupakan penopang 60 persen perekonomian, jatuh cukup dalam.

Kedua, ketidakpastian yang berkepanjangan sehingga investasi ikut melemah dan berimplikasi pada terhenti dan terjadinya PHK.

Ketiga, berlanjutnya kelemahan ekonomi dunia yang menyebabkan harga komoditas turun dan ekspor Indonesia ke beberapa negara juga terhenti

"Di tengah tantangan ekonomi yang kita hadapi saya yakin akan ada jendela peluang yang bisa dimanfaatkan untuk melahirkan sebuah solusi dalam bentuk transformasi strategis ekonomi Indonesia," kata mantan Menko PMK itu.