Bagikan:

SURABAYA - Jumlah pemudik di Provinsi Jawa Timur (Jatim) mencapai 31,2 juta orang selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menyebut angka ini mengalami kenaikan 16,2% jika dibandingkan dengan tahun kemarin.

"Semua bisa teratasi. Tidak ada persoalan dengan kebutuhan yang melonjak tersebut dan puncaknya adalah bagaimana kita mengendalikan arus mudik dan arus balik walaupun kenaikannya 16,2% atau 31,2 juta orang mudik," ungkap Adhy Karyono, Rabu 17 April.

Lebih lanjut Adhy Karyono menambahkan dalam kurun waktu 10 hari ini tidak ada laporan atas persoalan-persoalan krusial. Dia memastikan semuanya terkendali, aman, dan lancar.

“Itu berkat kerja keras kita semua, baik dinas dan instansi yang langsung bekerja di lapangan maupun dukungan dari berbagai lapisan masyarakat. Semua bersama-sama berkoordinasi dengan baik dengan mitra-mitra kita dari kepolisian, Kodam, Perhubungan dan pemerintahan pusat serta kabupaten dan kota," imbuh Adhy Karyono. 

Sementara itu sebelumnya, Pemprov Jatim telah memberangkatkan ribuan orang untuk mudik massal secara gratis pada Minggu, 7 April 2024 di Kantor Dishub Jatim. Mudik gratis kemarin menuju 20 kabupaten/kota di Jawa Timur.