Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Lawrence Wong menarik untuk dibicarakan. Pasalnya, ia akan akan menggantikan Lee Hsien Loong yang akan mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Singapura per Rabu, 15 Mei 2024.

PM Lee Hsien Loong sendiri menunjuk Lawrence Wong yang merupakan wakilnya sebagai Perdana Menteri yang baru. Saat ini nama Lawrence Wong sudah diajukan kepada Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam.

Profil Lawrence Wong

Lawrence Wong yang berusia 51 tahun adalah Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Singapura. Sebelum berada di posisinya yang sekarang, Lawrence Wong sebenarnya hanya pegawai negeri biasa yang tak punya latar belakang di bidang politik.

Lawrence Wong sendiri lahir dari keluarga biasa. Ayahnya berprofesi sebagai manajer penjualan di Sime Darby, sedangkan ibunya adalah seorang guru. Wong juga memiliki kakak laki-laki yang merupakan seorang insinyur kedirgantaraan di DSO Laboratories.

Sebagai keluarga yang tinggal di kawasan Marine Parade Housing Board, latar belakang pendidikan Wong tidak terlalu mentereng. Ia sempat berada di taman kanak-kanak PAP Community Foundation (PCF) yang ada di Marine Parade kemudian melanjutkan Sekolah Dasar di Haig Boys. Di sekolah tersebut pula sang ibu menjalani profesinya sebagai seorang guru.

Selama bersekolah, Wong lebih dikenal sebagai seorang kutu buku. Ia banyak menghabiskan waktunya di perpustakaan Marine Parade. Setelah lulus dari Haig Boys, Wong lanjut ke Sekolah Teknik Menengah Tanjong Katong. Setelah itu Wong melanjutkan pendidikan ke Victoria Junior College. Di tempat itu Wong mendapat beasiswa pemerintah untuk menempuh studi di Amerika Serikat.

Wong kemudian mendapat gelar sarjana dan magister di University of Wisconsin-Madison dan University of Michigan-Ann Arbor di bidang ekonomi. Selain itu Wong berhasil meraih gelar Master Administrasi Publik dari Harvard Kennedy School.

Setelah urusan pendidikannya selesai di Amerika, Wong memutuskan untuk kembali ke Singapura. Ia meniti karier di Kementerian Perdagangan dan Industri. Di kementerian tersebut ia melakukan pemodelan ekonomi.

Wong kemudian mendapatkan kenaikan pangkat di Kementerian Keuangan dan Kesehatan. Ia juga sempat menjadi principal private secretary (PPS) alias sekretaris pribadi utama bagi PM Lee Hsien Loong (2005-2008). Selang tiga tahun, Wong diangkat jadi kepala eksekutif Otoritas Pasar Energi.

Karier Politik Lawrence Wong

Setelah kurang lebih 14 tahun Wong berkarier di bidang pelayanan publik. Ia akhirnya terjun di dunia politik. Ia memutuskan mendaftar dalam pemilihan Umum tahun 2011. Gayung bersambut, Wong terpilih sebagai anggota parlemen untuk GRC West Coast. Ia juga menjadi anggota parlemen untuk Marsiling-Yew Tee GRC sejak tahun 2015.

Lawrence Wong juga diangkat menjadi Menteri Budaya, Masyarakat, dan Pemuda pada tahun 2014. Lalu di tahun 2015, ia diangkat menjadi Menteri Pembangunan Nasiona, lalu diangkat sebagai Wakil Menteri Keuangan (2016).

Itulah informasi terkait profil Lawrence Wong. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.