Bagikan:

JAKARTA - Untuk merespons dampak serangan Iran ke Israel, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat internal guna membahas hal tersebut pada Selasa 16 April.

"Bapak presiden akan mengadakan rapat internal mengenai ini. Kita akan mempersiapkan langkah-langkah Indonesia," ujar Airlangga seusai acara halalbihalal Partai Golkar, Senin malam.

Pemerintah Indonesia juga sudah berbicara dengan duta besar di Jordan, dubes di Teheran, dan yang mewakili dubes Lebanon.

Airlangga juga meminta masyarakat untuk tidak khawatir karena fundamental ekonomi Indonesia kuat. Meskipun begitu, penguatan ekonomi Amerika Serikat (AS) juga perlu diantisipasi.

Namun, Airlangga menegaskan selama Indonesia solid di bidang ekonomi dan politik, diharapkan transisi dari situasi ini bisa berjalan baik. Soliditas politik juga diperlukan guna menghadapi ketidakpastian ini.

"Kita tentu berharap Dewan Keamanan PBB bisa mengambil langkah-langkah supaya terjadi deeskalasi, bukan eskalasi," kata Airlangga.