Supaya Proses Kepulangan di Bandara Soeta Makin Cepat, APII Tambah Personel
Photo by Ifik Ismoedjati on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura menambah personel untuk mengantisipasi peningkatan arus balik Lebaran 2024 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Untuk kondisi ini kita tingkatkan koordinasi dengan maskapai. Kemarin sudah dikumpulkan semua petugas otban, maskapai bagian groundchandling siap untuk menghadapi puncak arus balik mudik, seperti di Lion Air ada tambahan sekitar 100 petugas untuk bantu bagasi," kata Senior Managerof Branch Communication and Legal, Holik Muardi di Tangerang, Minggu 14 April dilansir Antara.

Sejak awal periode mudik Lebaran tahun ini, pihaknya sudah mengerahkan sebanyak 9.416 personel. Dari ribuan personel itu, terdiri dari Airport Rescue and Fire Fighting, Apron Movement Control, aviation security atau Avsec.

"Ditambah lagi BKO TNI dan Polri, facility care, customer service, digital service dan lain sebagainya," katanya.

Seluruh fasilitas juga dipastikan siap seperti fasilitas sisi udara, di antaranya runway, garbarata, visual docking guidance system (VDGS). Selanjutnya, fasilitas keamanan seperti walkthrough metal detector (WMTD), Body Scanner, X-ray, dan CCTV.

Puncak arus balik mudik Lebaran di Bandara Soetta terjadi pada H+3 yakni Minggu (14/4), di mana terdapat 173.846 orang penumpang dari 1.138 penerbangan dengan rincian keberangkatan sebanyak 572 dan kedatangan sebanyak 566 penerbangan.

Adapun untuk jumlah pergerakan penumpang dengan jumlah 173.846, didominasi oleh penumpang kedatangan dengan jumlah 92.636, sedangkan untuk keberangkatan sebanyak 81.210 penumpang.

Untuk rincian jumlah penumpang di Terminal 1, yakni sebanyak 29.932 penumpang dengan 192 penerbangan. Terminal 2, 57.328 penumpang dengan 387 penerbangan dan di Terminal 3, 86.586 penumpang dengan 540 penerbangan.

Pengguna jasa transportasi udara di periode masa arus balik Lebaran hari ke tiga mulai ramai pergerakan penumpang dengan berpergian antara tujuan pulang kampung atau berlibur.

Menurutnya, puncak arus balik akan terjadi pada Senin, 15 April 2024. Penumpang yang datang di bandara diprediksi akan tembus di angka 192.000 orang.

"Kita tingkatkan koordinasi dengan maskapai tentunya jelang puncak arus balik mudik ini, karena berdasarkan data mulai besok (Senin 15 April) sudah puncak arus balik dengan angka 192 ribu," jelas dia.