Puncak Arus Mudik di Terminal Tirtonadi Jeteng Diprediksi Senin Besok
Situasi di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/4/2024). (ANTARA)

Bagikan:

SOLO - Puncak arus mudik melalui Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah diprediksi Senin, 8 April atau H-2 Lebaran 2024.

"Perkiraan kami untuk puncak arus mudik tanggal 8 April. Prediksi kami kurang lebih ada 29.000 penumpang pada hari itu," kata Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel ) Terminal Tipe A Tirtonadi Bandiyono dikutip ANTARA, Minggu 7 April.

Ia mengatakan angka tersebut naik sekitar 10 persen dibandingkan periode puncak tahun lalu, yakni di kisaran 27.000 penumpang.

"Kalau untuk jumlah busnya ada di kisaran 4.000 saat momen puncak tersebut," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, hingga saat ini sudah mulai terlihat kenaikan kedatangan para pemudik dari berbagai daerah ke Kota Solo.

"Sudah ada lonjakan 1 persen untuk jumlah bus dari tahun lalu dan 9 persen jumlah penumpang. Jumlah bus kemarin ada 2.112 bus dengan jumlah penumpang 23.558 orang," katanya.

Selain reguler, dikatakannya, pada Sabtu (7/4) Terminal Tirtonadi juga sudah kedatangan 65 unit bus mudik gratis.

"Ada 2.800 orang datang ke Terminal Tirtonadi melalui mudik gratis tersebut," katanya.

Para pemudik ini datang dari tiga titik, yakni di Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Jatijajar Depok, dan Terminal Pulo Gebang Jakarta.

Terkait hal itu, ia sudah mengimbau kepada para penumpang agar melanjutkan perjalanan pada keesokan harinya demi keamanan dan kenyamanan.

"Kami siapkan pemudik agar aman dan nyaman, kami sarankan agar melanjutkan perjalanan di pagi harinya. Kami siapkan tempat istirahat di dua titik, yakni di sebelah selatan dan ruang kesehatan kami," katanya.

Ia mengatakan beberapa fasilitas di tempat istirahat yang dapat dimanfaatkan oleh para pemudik.