Gubernur Bengkulu Imbau Truk Selain Logistik Setop Operasional Selama Mudik-Balik Lebaran 2024
Pemerintah memperbaiki Jalan Liku Sembilan Kabupaten Bengkulu Tengah, agar akses dari dan ke Provinsi Bengkulu kembali normal. (ANTARA)

Bagikan:

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengimbau agar truk angkutan barang selain untuk logistik bahan pangan menghentikan operasinya pada periode arus mudik hingga balik Lebaran 2024.

"Kami mengimbau, untuk mobil truk, nantinya untuk tidak melakukan aktivitas selama arus mudik lebaran," kata Rohidin di Bengkulu, Selasa 26 Maret, disitat Antara.

Namun, dia memastikan truk angkutan logistik bahan pangan tetap akan beroperasi agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi selama periode tersebut.

"Barang logistik tetap jalan, karena kan itu dibutuhkan oleh masyarakat, nanti kita lihat seperti apa," ujar Rohidin.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu juga memastikan kesiapan infrastruktur jalan dapat rampung sebelum arus mudik-balik Lebaran 2024.

Sehingga, baik masyarakat yang mau mudik ke Bengkulu atau ke luar provinsi berjuluk Bumi Rafflesia itu dapat lebih nyaman, tidak terkendala akibat kurangnya dukungan sektor infrastruktur.

Pemerintah Provinsi Bengkulu juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait penyelesaian perbaikan jalan nasional di kawasan Liku Sembilan, Kabupaten Bengkulu Tengah agar dapat rampung sebelum arus mudik.

Jalan tersebut sebelumnya mengalami amblas karena curah hujan tinggi pada Januari lalu. Jalan Liku Sembilan terbentang di lereng gugusan Bukit Barisan yang salah satu sisinya pegunungan dan sisi lainnya jurang dalam.

Jalan nasional yang dalam perbaikan tersebut merupakan akses satu-satunya Provinsi Bengkulu ke Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan, jalur lintas tengah Pulau Sumatra.

Oleh karena itu, jalan penghubung Kota Bengkulu-Lubuk Linggau itu menjadi akses vital termasuk pada saat momen arus mudik dan balik lebaran.