Cuaca Hari Ini, BMKG Ingatkan Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Jawa Barat dan Maluku
Ilutrasi hujan deras (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan terdapat potensi hujan di sejumlah wilayah tanah air dengan beberapa daerah diprediksi mengalami hujan lebat disertai angin kencanga seperti di Jawa Barat dan Maluku.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG, Kamis, 21 Maret, hujan lebat diprakirakan turun di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Daerah lain dengan potensi hujan lebat termasuk yang berada di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, Lampung, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan diprediksi wilayahnya mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

BMKG juga mengingatkan potensi angin kencang di wilayah Jawa Barat dan Maluku.

Kota-kota besar yang diprakirakan mengalami hujan hari ini termasuk Pangkal Pinang dan Palembang yang dapat mengalami hujan petir.

Sementara hujan intensitas sedang berpotensi turun di Serang, Jayapura, Mamuju dan Makassar. Sementara kota lain diprediksi mengalami cuaca cerah berawan.

Khusus di wilayah DKI Jakarta, hujan ringan diprakirakan turun di Jakarta Barat pada siang, malam dan dini hari. Jakarta Pusat dan Jakarta Utara berpotensi mengalami hujan ringan pada malam hari serta Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan dini hari.

BMKG juga memperingatkan sejumlah daerah masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat termasuk banjir yaitu sejumlah titik di Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.