Kadiv Hubinter Irjen Krishna Murti Sambangi Polda Kaltara
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Adityajaya menerima kunjungan kerja Kepala Divisi Hubungan Internasional  (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti dan Sekretaris NCB Interpol Indonesia, Brigjen Amur Chandra. 

Kedatangan Kadiv Hubinter beserta tim disambut hangat Kapolda beserta para Pejabat Utama (PJU) Polda Kaltara di Mapolda Kaltara, Selasa 19 Maret.

Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Budi Rahmat mengatakan, kunjungan Kadivhubinter Polri ini untuk melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) perbatasan antarnegara yang ada di wilayah hukum Polda Kaltara.

"Polda Kaltara termasuk salah satu Polda yang memiliki wilayah hukum berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia dan Philipina, sehingga jadi atensi atau perhatian dari Divhubinter Polri," kata Kombes Budi, Selasa, 19 Maret.

Kapolda Kaltara, lanjut Budi, mendukung dan membantu tim selama melaksanakan Monev Perbatasan di Kaltara.

"Data dan informasi yang dibutuhkan kita siapkan, apalagi ini untuk mendukung langkah Polri untuk menjaga daerah perbatasan," ujarnya.

Divhubinter Polri berencana menempatkan Border Transnational Crime Liaison Office (BTNCLO) di wilayah hukum Polda Kaltara.

"Rencana penempatan BTNCLO itu ada di tiga titik yakni Sebatik, Tarakan dan Bulungan. Tapi masih tentatif, akan dilihat dari prioritas potensi kerawanan kedua negara Malaysia dan Pilipina," jelasnya.

Divhubinter Polri akan melatih personil Polda Kaltara yang ditugaskan menangani kasus kriminalitas antar negara.

"Divhubinter akan menentukan lokasi dan penempatan BTNCLO beserta Personel LO yang bertugas," pungkasnya.