Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi masyarakat yang  berminat untuk mendaftar di sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) disarankan untuk mengetahui syarat nilai rapor dan usia daftar STIS 2024. Nilai rapot dan usia calon mahasiswa jadi salah satu syarat administrasi STIS yang harus dipenuhi.

Seperti diketahui, STIS adalah salah satu sekolah kedinasan yang dinaungi oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Jika sesuai jadwal, pembukaan pendaftaran STIS 2024 akan dilakukan di bulan Maret 2024 minggu ketiga.

Syarat Nilai Rapor dan Usia Daftar STIS 2024

Pendaftar STIS harus memenuhi syarat nilai rapor dan usia yang sudah ditentukan. Berikut ini syarat nilai rapor dan usia daftar STIS mengacu persyaratan yang diterbitkan tahun lalu.

  1. Nilai matematika pendaftar (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal di angka 80,00 (dalam skala 1 sampai 100) atau 3,20 (skala 1,00 sampai 4,00) di ijazah atau di rapor semester gasal kelas 12;
  2. Sedangkan syarat usia pendaftar STIS adalah minimal 16 tahun sedangkan usia maksimal adalah 22 tahun.

Syarat Umum Daftar di STIS 2024

Tidak hanya harus memenuhi nilai rapor dan usia yang telah ditentukan, calon pendaftar juga harus memenuhi syarat umum daftar di STIS terbaru yakni sebagai berikut.

  1. Sehat secara jasmani maupun rohani (mampu atau layak bekerja maupun beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan [lapangan]), serta bebas dari zat terlarang narkoba.
  2. Tidak buta warna (total maupun parsial), bagi pendaftar yaang menggunakan kaca mata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) diberikan toleransi di bawah 6 dioptri.
  3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA dengan minat MIPA/IPS atau SMK/MAK dengan minat Teknik Komputer dan Informatika.
  4. Pendaftar belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS hingga pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
  5. Tidak dalam ikatan dinas dengan instansi lain.
  6. Mau mentaati aturan Politeknik Statistika STIS.
  7. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) untuk yang dinyatakan lulus seleksi dan akan ikut pendidikan di Politeknik Statistika STIS.
  8. Mau ditempatkan di BPS setelah berhasil menyelesaikan pendidikan. Penempatan didasarkan pada pilihan formasi provinsi saat pendaftaran di seluruh wilayah Indonesia hingga tingkat Kabupaten/Kota.
  9. Bersedia tak mengajukan pindah antar unit kerja Eselon II di lingkungan BPS maupun pindah instansi dengan alasan apapun minimal 7 (tujuh) tahun dihitung sejak diangkat menjadi PNS, kecuali perpindahan dilakukan karena kebutuhan organisasi.

Cara Daftar STIS Online

Pendaftaran STIS dilakukan secara online yakni dengan membuat akun di DIKDIN SSCASN. Sebelum membuat akun, pendaftar harus menyiapkan dokumen. Berikut ini syarat dokumen daftar STIS.

  • Foto Kartu Identitas (KTP/KIA)
  • Kartu Keluarga
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah dan Transkrip Nilai atau Rapor Kelas 12 Semester Gasal
  • Surat Keterangan Orang Asli Papua dari Pemerintah Daerah setempat untuk pendaftar program afirmasi.

Dokumen di atas harus diunggah saat proses pendaftaran. Selain itu pendaftar juga wajib membayar biaya seleksi sebesar Rp300.000. Pembayaran sendiri bisa dilakukan lewat bank yang dikehendaki.

Itulah beberapa syarat nilai rapor dan usia daftar STIS 2024. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.