Sepanjang Januari Sampai Februari 2024, Kasus DBD di Kabupaten Tangerang Capai 1.200 Pasien
Ilustrasi nyamuk DBD/ Foto: halodoc

Bagikan:

TANGERANG – Terhitung sejak Januari sampai Februari 2024, terdapat 1.200 kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Tangerang. Empat orang dinyatakan meninggal dunia dari berbagai wilayah di Kabupaten Tangerang.

“Total ada empat pasien meninggal dunia, diantaranya dari wilayah Panongan, Jambe dan Cikupa,” kata Kepala dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tangerang dr Achmad Muchlis dalam pesan singkat, Rabu, 6 Maret.

Ia menyebut, untuk bulan Januari terdapat kurang lebih 500-600 kasus, sehingga total keseluruhan mencapai 1.200 kasus.

“Jadi jumlah 600 kasus itu terhitung dari bulan Januari, dan pada Februari kasus DBD itu jumlahnya hampir sama yaitu 600 kasus," katanya.

Dia mengungkapkan, dengan terjadinya peningkatan kasus DBD ini, pihaknya telah menginstruksikan seluruh fasilitas kesehatan baik Puskesmas dan rumah sakit daerah untuk meningkatkan kesiagaan sebagai memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga memberi atensi kepada para petugas penyuluh kesehatan di tingkat kecamatan agar bisa memberikan sosialisasi tentang pencegahan dan bahayanya penyakit DBD.

"Diseluruh tempat kesehatan kita sudah siapkan obat-obatan, foging nyamuk dan fasilitas pencegah DBD lainnya. Bahkan, kita sudah berkoordinasi agar seluruh puskesmas dan rumah sakit milik daerah serta swasta agar bersiaga," ucapnya.

Selain itu, Muchlis juga meminta kepada masyarakat setempat agar dapat memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, mengecek tempat penampungan air yang bisa menjadi sarang jentik nyamuk.