Bagikan:

JAKARTA - Musisi Ed Sheeran bakal menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu, 2 Maret. Polda Metro Jaya menyampaikan beberapa kendala yang akan dihadapi para penonton.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyebut kendala yang bakal dihadapi yaitu soal kepadatan karena akses yang minim.

"Situasi Stadion JIS adalah di tempat yang jalurnya sangat minim ini perlu disampaikan juga," ucap Latif kepada wartawan, Jumat, 1 Maret.

Kendala ini sudah terjadi di beberapa acara yang digelar di JIS seperti konser Band Dewa dengan 80 ribu penonton dan Girlgroup asal Korea Selatan, TWICE, yang dihadiri 20 ribu penonton

"Pencairannya (kepadatan) dari jam 11 sampai dengan jam 4 pagi baru clear. Nah kemarin itu ada Korea lagi di sana penonton 20 ribu itu memerlukan waktu 3 jam untuk pencairan," sebutnya.

"Ini pasti akan terjadi kepadatan yg luar biasa, khususnya nanti mungkin masuknya masih bisa kita atur. Tapi pada saat bubarannya ini perlu sangat diantisipasi betul," sambung Latif.

Karena itu, solusinya masyarakat yang akan menyaksikan konser Ed Sheeran disarankan untuk menggunakan transportasi umum.

Terlebih, dari hasil koordinasi dengan pihal penyelenggara juga akan disediakan shuttle bus dari Kemayoran menuju JIS. Diharapkan, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Ini resiko yang akan dihadapi, dalam artian mereka harus mengantisipasi lebih baik menggunakan angkutan umum. Karena ada beberapa jalur yang memang angkutan untuk drop off-nya tidak dekat dengan pintu masuk," ucapnya.

 

Meski demikian, kepolisian tetap akan menyediakan kantong-kantong parkir bagi kendaraan pribadi.

Untuk sepeda motor akan diarahkan untuk parkir di dalam kawasan JIS. Sementara kantong parkir bagi mobil ada di dua lokasi yakni Kemayoran dan Ancol.

"Nah nanti itu di Ancol itu ada jalur yamg panitia sudah berkoordinasi untuk sudah bisa dioperasionalkan yang jalan dari Ancol ke jembatan ke JIS itu," kata Latif.