Pascakecelakaan Mobil Tangki, Distribusi BBM di Dumai Aman
Ilustrasi SPBU Pertamina (PT Pertamina)

Bagikan:

JAKARTA - Pascakecelakaan mobil tangki BBM pada Minggu kemarin di Dumai, Riau, kebutuhan BBM di area tersebut tetap terpenuhi dengan aman dan terkendali. Penyaluran BBM di wilayah tersebut tetap terjaga karena PT Pertamina memastikan pasokan tetap stabil.

"Meskipun terjadi kecelakaan, pasokan BBM di sekitar Dumai masih aman, kejadian tersebut tidak mengganggu aktivitas operasional di wilayah tersebut," kata Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara, Susanto August Satria, Senin 26 Februari.

Susanto menambahkan perusahaan tengah melakukan investigasi dan mengambil langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi kejadian serupa di masa mendatang. Selain itu, perusahaan juga memastikan keselamatan kedua awak mobil tangki yang terlibat dalam insiden tersebut.

“Saat ini sedang mereka tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat,” kata dia.

Kecelakaan mobil tangki itu terjadi pada Minggu siang di Jalan Gatot Subroto, kilometer 11, Kota Dumai, Riau menyebabkan kebakaran hebat yang menghanguskan satu truk tangki membawa BBM.

Warga setempat melaporkan bahwa mobil tangki itu terguling saat mencoba menghindari truk pengangkut crude palm oil (CPO) yang melintas di jalur yang sama.

Pertamina telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk proses evakuasi mobil tangki menggunakan alat berat. “Saat ini mobilitas masyarakat di lokasi kejadian telah kembali normal,” kata dia.

Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktavianton, menjelaskan daam kecelakaam itu sopir dan kernet berhasil menyelamatkan diri setelah truk terguling. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. "Kasus ditangani Unit Laka Lantas Polresta Dumai. Kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah," pungkas Dhovan.